Ingin Tahu Cara Cerdas Mengelola Uang dan Jadi Kaya? Simak 7 Triknya

ilustrasi keuangan | unsplash.com/@micheile

Liputan6.com, Jakarta Menabung dan mengelola uang adalah hal yang harus dilakukan ketika seseorang ingin memiliki kekayaan.

Bahkan beberapa pakar pun mengatakan untuk menginvestasikan pendapatan agar menjadi berlipat-lipat. Akan tetapi, perlu pula pengetahuan untuk mengaturnya supaya segala tujuan keuangan di masa depan tercapai dan tidak salah jalan.

Anda harus mengetahui langkah-langkah untuk menghemat dan membelanjakan uang. Sekecil apa pun uang yang ditabung atau diinvestasikan pasti akan berguna untuk membangun kekayaan jangka panjang.

Dikutip dari laman Financial Express, Minggu (8/8/2021), berikut ini tujuh cara untuk menabung dan membelanjakan uang dengan cerdas agar tidak terbuang sia-sia.

1. Mulai lebih awal

Anda harus mulai menabung lebih awal. Bahkan menabung dalam jumlah yang kecil pun tidak masalah. Yang terpenting adalah konsisten dan buatlah menjadi kebiasaan. Meskipun beberapa orang mungkin merasa kesulitan, seiring berjalannya waktu pasti akan terbiasa.

Tumbuhkanlah sikap untuk rajin menabung karena ini merupakan langkah awal membangun kekayaan. Dengan menabung, Anda akan merasa untung dalam jangka panjang. Oleh karena itu, janganlah menunda untuk menabung sejak dini.

2. Tabung dulu, baru belanja

Aturan yang lebih baik ketika Anda memiliki uang lebih adalah menabungkannya terlebih dahulu baru membelanjakannya. Jadi, Anda menggunakan uang untuk berbelanja hal-hal yang diinginkan dari sisa uang tabungan tersebut. Bukan justru sebaliknya. Belanja lebih dulu, baru ditabungkan. Itu kurang tepat.

3. Periksa rekening bank

Ilustrasi Bank

Sebagian orang memiliki rekening lebih dari satu bank. Selalu pantau dan mengawasi laporan bank untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih ketika berbelanja, lihatlah sebarapa banyak biaya potong yang harus dibayarkan.

Di samping itu, juga harus selalu mengecek saldo rekening. Hal ini berguna untuk menghindari hilangnya saldo secara tiba-tiba dari rekening tabungan Anda.

4. Mengurangi risiko

Jika Anda mungkin memiliki tabungan finansial, belilah asuransi jiwa yang memadai. Sebaiknya, ikutilah rencana asuransi yang berjangka.

Selain itu, juga dapatkanlah jaminan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Selain bisa membayar biaya yang lebih kecil sebagai premi dan untuk mengurangi risiko, Anda juga bisa memastikan bahwa tabungan tidak bermasalah ketika terjadi pemogokan darurat atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

5. Hindari denda kartu kredit

Beberapa orang pasti memiliki tagihan kartu kredit. Jika Anda pun termasuk, bayarlah tepat waktu untuk menghindari denda. Jika Anda terbiasa membayar tagihan dengan terlambat, hal itu justru akan merusak kondisi keuangan.

Di samping itu, Anda juga harus membayar tagihan dengan penuh. Dengan demikian, Anda tidak akan dikenakan biaya keterlambatan dan biaya lainnya sehingga kondisi keuangan pun akan terkontrol.

6. Membayar uang muka saat beli rumah

Kredit Rumah.

Jika Anda berencana untuk membeli rumah dengan cara kredit, tetaplah lakukan pembayaran uang muka di awal. Hal ini agar Anda bisa mengakhirinya sesuai dengan jangka waktu awal.

Sementara itu, semakin awal Anda menyelesaikan tagihan, semakin banyak Anda akan menghemat bunga.

7. Manfaatkan platform digital

Saat ini segala kebutuhan bisa dibeli hanya dari rumah dengan harga yang murah. Anda bisa berbelanja melalui marketplace yang tersedia.

Kelebihannya adalah biasanya di setiap marketplace memberikan diskon untuk para pelanggannya sehingga harganya lebih murah dibanding ketika Anda berbelanja ke pasar atau toko.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik