Bagaimana Cara Olahraga Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh?


Menjaga dan meningkatkan sistem imun saat ini sangat penting. Hal ini akan membantu tubuh kita agar terlindungi dari berbagai penyakit. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya dengan berolahraga.

Meningkatkan sistem imun adalah proses yang kompleks dan tidak bisa hanya dilakukan dengan satu cara saja. Caranya adalah dengan memiliki pola hidup yang lebih sehat.

Tidak hanya dengan menjaga apa yang kita konsumsi, namun juga dengan kebiasaan yang kita lakukan seperti pola tidur dan olahraga teratur.

Olahraga untuk meningkatkan sistem imun

Olahraga meningkatkan sistem imun dengan berbagai mekanisme yang rumit. Pertama, olahraga bisa membersihkan saluran pernapasan dan paru-paru. Ini akan menurunkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit respiratori seperti pilek atau flu.

Kedua, olahraga bisa meningkatkan sirkulasi sel darah putih di dalam tubuh sehingga bisa mendeteksi lebih cepat jika ada patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih adalah salah satu komponen penting di dalam sistem imun yang berfungsi melawan patogen.

Ketiga, meningkatkan kesehatan secara umum. Dilansir dari Harvard Health Publishing, olahraga teratur adalah salah satu pilar hidup sehat.

Olahraga mampu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan, dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Sama seperti menjaga asupan makanan, olahraga secara umum menjaga kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imun tubuh.

Keempat, dilansir dari Community Medical Centers, olahraga juga mampu menjaga sistem imun agar tidak turun ketika seseorang mengalami stres. Ketika stres, terutama yang terjadi setiap hari, bisa memicu penurunan sel imun yang beredar di dalam tubuh.

Ternyata, olahraga secara rutin mampu menyeimbangkan proses itu sehingga tidak terjadi penurunan jumlah sel imun. Selain itu, orang yang rutin berolahraga juga akan merasa lebih bahagia dan bisa mengurangi level stres itu sendiri.

Tidak cukup sampai di situ, olahraga mampu meningkatkan sistem imun dengan berbagai mekanisme berbeda. Beberapa diantaranya adalah dengan memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan kepadatan tulang, dan meningkatkan suhu tubuh yang bisa membantu melawan penyakit.

Bagaimana memulai olahraga?

Jika sebelumnya Anda belum terbiasa melakukannya, lakukanlah secara perlahan. Mulai dari waktu yang singkat sekitar 15 menit sehari. Jika badan Anda sudah merasa nyaman, Anda bisa meningkatkan durasi berolahraga hingga 30 menit.

Hal yang terpenting adalah melakukannya secara rutin. Anda bisa menggunakan catatan atau aplikasi di dalam telepon genggam Anda untuk menuliskan rutinitas berolahraga.

Anda bisa memutarkan musik dengan irama yang menyenangkan agar lebih semangat. Lakukanlah dengan bahagia, dengan begitu, Anda akan merasa ketagihan untuk berolahraga.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik