7 Kebiasaan yang Bikin Lelah

Tanpa disadari, tubuh kerap merasa lelah walau tak sedang aktivitas berat. Bisa jadi, Anda melakukan kebiasaan yang bikin lelah berikut ini.(Foto ilustrasi: Istockphoto/PeopleImages)

Jakarta, Tanpa disadari, tubuh kerap merasa lelah walaupun sedang tidak melakukan aktivitas berat. Bisa jadi, Anda melakukan sejumlah kebiasaan yang bikin lelah berikut ini.
Kebiasaan ini umumnya merupakan aktivitas yang menguras energi dan memaksa otak bekerja lebih keras. Hindari kebiasaan buruk ini agar tubuh tetap prima dan berenergi.
Berikut kebiasaan yang bikin lelah:

1. Pikiran negatif
Salah satu kebiasaan yang bikin lelah adalah pikiran negatif. (Foto: lannyboy89/Pixabay)

Ibarat mengangkat beban berat, pikiran negatif juga membebani diri Anda. Memikirkan hal-hal negatif akan membuang banyak energi sehingga tubuh mudah merasa lelah.
Hindari pikiran negatif agar energi tetap terjaga. Sebaiknya, ganti pikiran negatif dengan hal-hal positif yang memacu motivasi.

2. Bergadang
Terjaga sepanjang malam atau bergadang dapat membuat tubuh kurang istirahat. Padahal, tidur merupakan salah satu cara memulihkan energi setiap hari.
Bergadang dapat membuat energi Anda tidak 100 persen saat bangun dan beraktivitas. Alhasil, tubuh pun mudah merasa lelah.

3. Kurang minum
Kebiasaan yang bikin lelah berikutnya adalah kurang minum. Asupan air penting bagi tubuh dan juga fungsi otak.
Dehidrasi memicu ketidakseimbangan elektrolit sehingga energi lebih mudah hilang. Dehidrasi juga membuat Anda sulit berkonsentrasi.

4. Duduk terus-terusan
Kebiasaan duduk terlalu lama juga dapat membuat tubuh mudah lelah, misalnya terus menerus duduk di depan laptop.
Duduk terlalu lama membuat otot tubuh kaku sehingga mudah kelelahan. Selingi aktivitas Anda dengan bergerak agar tubuh tetap berenergi.

5. Tidak berolahraga
Olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan energi. Saat tubuh tidak berolahraga, maka tubuh akan mudah merasa lelah.

Studi menunjukkan orang yang rutin berolahraga lebih berenergi dan tidak mudah merasa lelah ketimbang orang yang tidak berolahraga.

6. Pola makan yang buruk
Pola makan yang buruk juga mempengaruhi energi, mulai dari telat makan hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Sering makan makanan tinggi lemak dan tinggi gula juga dapat membuat tubuh merasa lelah. Makanan ini tidak dapat memberikan tubuh energi jangka panjang, sehingga membuat tubuh mudah merasa lelah.

7. Kurang bersosialisasi
Manusia merupakan makhluk sosial. Itu sebabnya saat kurang bersosialisasi, tubuh akan mudah merasa lelah.
Pompa semangat dan energi Anda dengan bersosialisasi. Di masa pandemi Covid-19, sosialisasi bisa dilakukan lewat gadget.

Itulah 7 kebiasaan yang bikin lelah. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini dan ganti dengan kebiasaan positif agar tubuh tetap berenergi.



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik