5 Aplikasi Penghasil Uang 2021 dari Google, Pengguna Bisa Dibayar Ratusan Juta

Yudha Pratomo/KompasTekno
Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat. 

Berikut ini sejumlah aplikasi penghasil uang dari Google yang bisa dicoba pada 2021.
Seperti aplikasi penghasil uang lain, Google juga memiliki fitur reward atau hadiah kepada penggunanya.

Google menyediakan beberapa aplikasi penghasil uang dan fasilitas yang mempermudah pengguna untuk berbisnis dan mendapatkan pundi-pundi Rupiah.
Berikut ini aplikasi penghasil uang dari Google yang bisa dicoba pada 2021.

Google Opinion Rewards
Google Opinion Rewards atau Aplikasi Google Survei Berhadiah menjadi aplikasi penghasil uang dengan metode mengisi survei.
Pengguna bisa mendapatkan uang dari Google Opinion Rewards dengan cara menjawab survei yang tersedia di platform tersebut.

Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Google Play Store di Android dan App Store di iOS.
Berdasar data dari website resmi Google, pengguna bisa mendapatkan uang antara Rp 1.500 hingga Rp 15.000 per survei.
Pengguna diharuskan menjawab pertanyaan survei dengan jujur dan apa adanya.

Hal tersebut mampu meningkatkan nominal uang yang akan kamu peroleh dari Google Opinion Rewards.
Mengutip laman support.google.com, Google Survei adalah fitur riset pasar yang memungkinkan peneliti pasar membuat survei online dengan mudah untuk membantu mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat.

Google secara otomatis menganalisis jawaban yang akan digabungkan dan dibagikan kepada peneliti yang menyusun pertanyaan survei tersebut.
Google memberikan kredit kepada pengguna untuk digunakan di Google Play Store (jika menggunakan aplikasi Android) atau uang tunai di akun PayPal (jika menggunakan aplikasi iOS).

Google Survei Berhadiah melacak histori reward pengguna secara terpisah untuk masing-masing platform, dan tidak menyediakan total kumulatif di seluruh platform.
Kredit atau uang tunai yang diperoleh di sebuah platform tidak akan ditransfer ke platform lain, namun selalu tersedia untuk pengguna di platform aslinya.

Kredit Google Play dan pembayaran tunai PayPal memiliki jumlah yang bervariasi dan tidak dikaitkan karena telah menjawab pertanyaan tertentu dengan cara yang khusus.

Google memantau perilaku pengguna untuk memastikan peneliti pasar menerima data terbaik dan paling akurat.
Google Opinion Rewards menggunakan PayPal sebagai platform pembayaran.

YouTube Shorts
YouTube sedang gencar mencari lebih banyak kreator untuk menggunakan platform baru mereka yaitu Shorts.
Shorts merupakan sebuah platform video pendek yang mirip dengan TikTok dan Reels di Instagram.

YouTube mengumumkan bahwa pada Agustus 2021 ini, kreator Shorts yang berasal dari 10 negara akan mulai menerima bayaran gaji yang berkisar antara 100 dollar AS hingga 10.000 dollar AS setiap bulannya, atau setara dengan Rp 1,4 juta hingga Rp 143,9 juta.

“Kreator video berdurasi singkat tidak mendapatkan bagi hasil dari pendapatan iklan yang ditayangkan pada videonya di pemutar Shorts saat ini.

Sebagai gantinya, kami memperkenalkan Pendanaan YouTube Shorts, yakni dana sebesar $100 juta untuk kreator yang membantu kami membangun masa depan video berdurasi singkat di YouTube,” tulis YouTube dikutip dari laman resmi Support Google.

Bayaran tersebut disediakan khusus untuk kreator yang menghasilkan video Shorts paling menarik dan paling banyak dilihat selama tahun 2021 hingga 2022.

Pada tahap awal, kreator Shorts yang berkesempatan menerima bonus dari YouTube ini yaitu yang berasal dari Amerika Serikat, Indonesia, India, Brasil, Jepang, Inggris Raya, Meksiko, Nigeria, Rusia, dan Afrika Selatan, serta negara-negara lainnya menyusul.

Nantinya, YouTube akan mengirimkan notifikasi kepada ribuan kreator untuk menerima imbalan uang itu dari program Shorts Fund.

Para kreator juga perlu segera mengeklaim imbalan itu sebelum tenggat waktu yang ditentukan, atau imbalan akan hangus.
"Mulai minggu depan, jika Anda memenuhi syarat untuk menerima pembayaran dari Shorts Fund, kami akan mengirimkan notifikasi di aplikasi YouTube untuk memberi tahu Anda jumlah bonus dan cara mengeklaimnya.

"Anda memiliki waktu hingga tanggal 25 setiap bulannya untuk mengeklaim pembayaran bonus Anda, atau pembayaran bonus tersebut dapat kedaluwarsa," lanjut YouTube.

YouTube akan menganalisis channel milik kreator konten dengan performa terbaik.
Setelah itu, YouTube akan menghitung imbalan mereka berdasarkan jumlah penayangan, dari mana asal audiens mereka dan faktor lainnya.

YouTube mengungkapkan syarat minimal untuk para kreator agar berpeluang menerima bayaran langsung dari perusahaan.

Pertama, kreator harus membuat video Shorts yang otentik, alias bukan merupakan konten daur ulang (recycle) yang sudah sempat diunggah di media sosial lain atau bahkan memiliki watermark dari media sosial lain.

Mengingat banyaknya aplikasi dan situs yang memungkinkan pengguna untuk menghapus watermark, YouTube mengatakan telah mengantisipasinya.
Perusahaan diketahui akan menggunakan kombinasi metode otomatisasi dan review manusia untuk memastikan video Shorts buatan kreator merupakan konten yang otentik.

Syarat kedua, kreator harus sudah berusia minimal 13 tahun ke atas.
Ketiga, kreator juga harus menerima semua ketentuan dari YouTube dan menautkan akun AdSense milik mereka karena bonus akan dikirimkan langsung melalui akun tersebut.

Kreator berusia 13 hingga 18 tahun juga harus meminta orangtua atau wali untuk menyiapkan akun AdSense.
Keempat, channel YouTube milik kreator setidaknya harus memiliki satu video Shorts dalam 180 hari terakhir.

Video Shorts tersebut tentunya harus sesuai dengan Pedoman Komunitas, aturan hak cipta, dan kebijakan monetisasi yang berlaku di YouTube.
YouTube membebaskan kreator bereksperimen dan menghasilkan video Shorts apa pun.

Jumlah penayangan video Shorts di bulan Agustus ini akan terus dikalkulasikan dengan jumlah penayangan video Shorts yang diunggah di bulan-bulan berikutnya, sebagai penentu besaran bonus yang didapat.

YouTube
YouTube tentunya telah diketahui khalayak sebagai platform yang dapat menghasilkan uang bagi kreatornya.
YouTube salah satu aplikasi milik Google berbagi video paling populer di dunia dengan total pengguna aktif mencapai jutaan orang per hari.

Pengguna harus menjadi content creator dan memiliki channel atau kanal di Youtube.
Pengguna harus mengupload video-video terbaik buatan sendiri di Youtube.

Apabila sudah memenuhi syarat monetisasi dengan Google AdSense, dengan subscriber 1.000 orang dan video-video yang sudah ditonton selama 4000 jam, pengguna sudah bisa menghasilkan uang.

Jika channel pengguna disetujui, maka pengguna atau kreator sudah bisa menghasilkan uang dari iklan yang tampil di videonya.

Terdapat sejumlah cara untuk menghasilkan uang dari program partner YouTube.
Cara pertama yakni dengan pendapatan iklan, pengguna mendapatkan penghasilan dari iklan display, overlay dan video.

Kedua yakni langganan channel, di mana subscribers melakukan pembayaran bulanan rutin dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang kreator tawarkan.

Ketiga yakni Galeri Merchandise, pelanggan dapat mencari dan membeli merchandise bermerek resmi yang ditampilkan di halaman tonton kreator.

Ke-empat yakni Super Chat & Super Stickers, penggemar atau penonton harus membayar agar pesannya atau chat-nya diperjelas dalam streaming chat.

Terakhir yakni pendapatan YouTube Premium, kreator mendapatkan bagian dari biaya langganan YouTube Premium saat pelanggan menonton konten milik kreator.

Google Play Book
Google Play Book atau Google Play Buku adalah platform katalog buku digital yang dikelola Google dan terintegrasi dengan Google Play Store.

Pengguna bisa terbitkan di platform ini tanpa harus keluar biaya.
Apabila ada pembaca atau pengguna yang suka buku milik pengguna dan melakukan pembelian, pengguna tersebut akan dapat komisi.

Komisinya cukup besar, yakni sekitar 70 persen dari total penjualan, lepas dari harganya.

Blogger
Blogger merupakan wadah bagi para pengguna untuk menuangkan ide-ide, artikel, wawasan, pengalaman pribadi atau yg lain-lain.

Blogger.com adalah salah satu platform penghasil uang milik Google yang cukup tren digunakan.

Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003.
Untuk mendapatkan uang dari platform ini, pengguna harus membuat konten.
Untuk mendapatkan uang, pengguna harus bekerja sama atau menjadi mitra dengan Google AdSense.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik