Gus Baha Bagikan Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Gus Baha, ulama ahli tafsir asal Narukan Kabupaten Rembang. Foto/Ist

Ulama ahli tafsir KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha memberi tips sederhana untuk menjaga sistem imun tubuh. Tips ini bisa menjadi salah satu perisai agar terhindar dari segala penyakit termasuk Covid-19.

Dalam perspektif kesehatan, imunitas adalah kemampuan kekebalan tubuh melawan penyakit menular. Orang yang dapat memiliki sistem imun tubuh maka akan sulit terkena penyakit.

Di tengah meningkatnya penambahan kasus Covid-19, tips Gus Baha ini dinilai dapat membantu kita meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk diketahui, Indonesia menghadapi angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi.

Pada akhir Juni lalu, Indonesia berada di urutan keempat dengan kasus baru terbanyak di dunia. Program vaksinasi pun kini gencar dilakukan pemerintah.

Selain menjaga iman, syariat juga mengajarkan kita untuk selalu ikhtiar dan berusaha menjaga tubuh dalam kondisi prima. Dalam perspektif syariat, kesehatan adalah nikmat yang sangat besar setelah nikmat iman dan Islam. Dalam satu hadis, Rasulullah SAW bersabda: "Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang". (HR Al-Bukhari No 5933).

Untuk menjaga sistem imun tubuh, berikut penjelasan singkat Gus Baha yang dilansir dari portal Islam iqra.id. beliau menceritakan perbincangan Nabi Isa dan Nabi Yahya 'alaihissalam:

"Nabi Isa itu orangnya ceria, ceria sekali.
Beliau pernah ditegur sama Nabi Yahya, "Saya melihat melihat kamu kok selalu senyum ceria seakan-akan tidak ada azab Allah?"

Nabi Isa lalu membalas ke Nabi Yahya: "Kamu kok cemberut terus, seakan-akan di dunia tidak ada rahmat Allah?"
Jadi, kamu memilih mana, senyum terus atau cemberut terus? Partainya hanya dua, Nabi Yahya dan Nabi Isa.

Khazanah itu banyak, untuk melawan penyakit, ketakutan itu bahaya karena bisa mengganggu imunitas tubuh.
Orang harus percaya diri, harus PD ! Meskipun harus hati-hati, orang harus tetap PD !

Dengan demikian, imunitas tubuh kita terjaga. Jadi, ya sudah seperti itu. Semua orang punya cara untuk menjaga diri masing-masing.

Dari kisah di atas dapat kita petik hikmah bahwa senyum ceria dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Artinya, orang yang selalu bergembira, tidak stres akan mengusir waswas yang ada dalam hatinya.

Manfaat senyum berefek pada sistem daya tahan tubuh. Selain menaikkan mood tubuh, senyum juga dapat menciptakan suasana hati yang lapang dan bahagia.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik