7 Minuman yang Bisa Menambah Imunitas

Ilustrasi. Beberapa minuman dapat membantu menambah imunitas tubuh. (WikiImgaes/Pixabay)

Daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci. Ada beberapa resep minuman yang bisa menambah imunitas.
Di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, sistem imun jadi satu hal yang paling patut mendapat perhatian.
Sistem imun bekerja dengan membentuk semacam 'barikade' untuk menghalangi patogen yang terdeteksi hendak masuk menyerang tubuh. Sistem imun yang kuat jadi salah satu jaminan kesehatan.

Banyak cara untuk mendapatkan sistem imun yang kuat. Selain rutin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari stres, pola makan dan minum juga turut berkontribusi.
Beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan sistem imun. Begitu pula dengan minuman.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa minuman yang bisa menambah imunitas.

1. Jus kombinasi jeruk, jeruk Bali, dan buah sitrus lain
Buah sitrus, seperti jeruk, menjadi sumber vitamin C terbaik. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari ancaman kerusakan.
Kombinasi buah-buahan ini dapat menghasilkan kandungan nutrisi yang beragam. Jeruk memberikan kandungan potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-9, dan zinc. Jeruk Bali memberikan kandungan vitamin A, serta seluruh buah sitrus yang kaya akan vitamin C.
Mengutip Healthline, kekurangan vitamin C dapat menghambat penyembuhan luka serta mengurangi kemampuan sistem imun untuk mencegah infeksi.
Meski belum ditemukan bukti yang kuat mengenai efektivitas vitamin C untuk mencegah penularan Covid-19, setidaknya asupan sumber vitamin C dapat membantu daya tahan tubuh tetap kuat.

Ilustrasi. Kombinasi buah-buahan sitrus menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan imunitas. (JESHOOTS/Pixabay)

2. Jus kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk
Wortel, apel, dan jeruk merupakan kombinasi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh serta melawan infeksi.
Apel dan jeruk memberikan nutrisi vitamin C yang Anda butuhkan. Sementara vitamin A, yang juga penting untuk imun tubuh, bisa Anda dapatkan dari wortel yang juga kaya akan antioksidan.
Wortel juga mengandung vitamin B-6, yang berperan penting dalam produksi antibodi.

3. Jus kale dan tomat
Kale biasa digunakan banyak orang untuk membuat jus berbahan sayur. Anda bisa mengkombinasikannya dengan jus tomat.
Tomat bakal memberikan Anda nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan vitamin K. Nutrisi itu akan dilengkapi oleh kale yang memberikan mangan.

4. Jus stroberi, kiwi, dan susu skim Jus 
Stroberi dan kiwi adalah alternatif minuman sehat lainnya yang kaya akan vitamin C. Anda bisa membuatnya menjadi smoothie dengan mencampurnya dengan susu skim. Susu skim sendiri kaya akan protein dan vitamin D. Beberapa peneliti menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan tingkat keparahan Covid-19.

Anda juga bisa menambahkan Greek yoghurt yang kaya probiotik. Probiotik dapat membantu sel tubuh mempertahankan penghalang patogen yang masuk.

5. Jus buah bit dan jahe Bit menjadi salah satu buah dengan segudang khasiat, salah satunya untuk memperkuat imun tubuh. Bit yang digabung dengan jahe dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya akan menjadi kombinasi yang tepat sebagai immune booster. Mengutip Eating Well, minuman ini dapat mengurangi peradangan, yang merupakan respons imun terhadap infeksi virus atau bakteri. 

6. Smoothie sitrus dan berry Smoothie 
Satu ini merupakan kombinasi antara buah beri dan sitrus, sebagai sumber karbohidrat yang sehat dan antioksidan yang kuat.

Kandungan antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk menangkal paparan radikal bebas.

7. Air jahe, kunyit, dan cuka apel Mengutip 
Times of India, minuman ini sarat dengan bahan-bahan yang memiliki khasiat kesehatan dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dimilikinya. Cuka apel, misalnya, yang menghadang pertumbuhan patogen jahat dalam tubuh dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Bakteri usus yang sehat berperan dapat pembentukan sel-sel kekebalan tubuh. Sementara kunyit dan jahe sarat dengan kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptik. Kunyit merupakan penyembuh alami. Sedangkan jahe berperan dalam meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik