Mata-mata Top China Dilaporkan Membelot ke AS, Ungkap Rahasia COVID-19

Dong Jingwei, Kepala Kontra Intelijen Kementerian Keamanan Negara China, dilaporkan membelot ke AS. Foto/ Twitter @lianchaohan

BEIJING - Seorang mata-mata top China dilaporkan telah membelot ke Amerika Serikat (AS) dan menawarkan data rahasia intelijen tentang bagaimana pandemi COVID-19 dimulai.

Laporan yang bermunculan di situs media China mengatakan Dong Jingwei, Kepala Kontra IntelijenKementerianKeamanan Negara, diam-diam terbang dari Hong Kong ke AS pada 10 Februari.

Dia bepergian bersama putrinya, Dong Yang. Demikian laporan Spy Talk,yang dilansir NZ Herald, Senin (21/6/2021).

Desas-desus beredar bahwa Jingwei telah menyampaikan informasi penting tentang teori bocornya virus corona SARS-Cov-2 penyebab COVID-19 dari sebuah laboratorium di Institut Virologi Wuhan. Teori itu sebenarnya telah ditolak oleh banyak pakar selama 18 bulan terakhir, tetapi sekarang dihidupkan kembali terutama oleh para pejabat AS.

Jika rumor itu benar, Dong Jingwei akan menjadi pembelot tingkat tertinggi yang pernah ada dari Republik Rakyat China (RRC).

Buktinya bahkan mungkin telah memicu sikap balik Presiden AS Joe Biden pada penyelidikan asal-usul pandemi COVID-19 di negara itu. Biden mengumumkan pada akhir Mei tinjauan baru tentang asal-usul pandemi COVID-19, setelah menutup penyelidikan sebelumnya.

Dia sekarang telah meminta komunitas intelijen AS untuk menggandakan penyelidikannya guna mengetahui apakah virus penyebab COVID-19 melompat dari inang hewan ke manusia, atau jika tidak sengaja dilepaskan dari laboratorium penelitian Wuhan.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik