Bukan Uang, Ini 5 Hal yang Bisa Buat Orangtua Bahagia

Bikin orangtua bahagia itu gak susah kok

Apakah kamu pernah berpikir untuk membalas jasa kedua orangtua? Seringkali untuk membalas jasa mereka kita selalu menginginkan hal-hal yang besar. Padahal jika kita pikirkan lebih dalam ada banyak hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat orangtua tersenyum.

Apa saja itu? Kira-kira kamu bisa lakuin gak ya? Nih, IDN Times telah merangkum nih buat kamu. Simak sampai habis ya!

1. Ada saat mereka membutuhkan


Saat kita masih kecil, siapa yang selalu ada untuk kita? Tentu saja kedua orangtua. Mereka selalu merelakan waktu untuk menemani, mengajarkan dan melakukan banyak hal dengan kita. Namun terkadang saat kita beranjak dewasa, kita sibuk dengan dunia kita. 

Alhasil orangtua terkadang merasa kesepian. Sayangnya mereka biasanya memaklumi dan gak komplain kalau kita sibuk terus. Yuk, mulai luangkan waktu untuk sekedar mengobrol dan ada saat orangtua kamu membutuhkanmu. Mereka pasti seneng deh!

2. Memberikan hadiah yang bermanfaat


Emang iya orangtua bakal senang kalau diberi uang? Well, bisa jadi mereka senang. Tapi ada hal lain yang bisa bikin mereka senang dan bahagia lho. Coba deh sesekali memberikan kedua orangtuamu hadiah yang bermanfaat.

Misalnya rumah sering berantakan, kamu bisa memikirkan untuk memberikan hadiah bermanfaat seperti misalnya alat bersih-bersih rumah atau barang yang dibutuhkan orangtuamu. Dijamin, mereka pasti bahagia karena tandanya kamu perhatian.

3. Punya waktu bersama dan sering berbagi cerita baik sedih atau senang


Adakah yang sudah berkeluarga hingga tinggal terpisah dengan orangtua? Atau mungkin tinggal terpisah karena harus merantau? Coba deh kamu luangkan waktumu sebentar untuk pulang ke rumah orangtua.

Punya waktu untuk kumpul dengan orangtua dan saling berbagi cerita dengan mereka sudah cukup membuat kedua orangtuamu bahagia lho. Kesepian bisa membuat orangtuamu mudah sakit. Jadi sering-sering luangkan waktu mengunjungi orangtua dan berbagi cerita ya. Mereka pasti happy dan bahagia deh.

4. Sering beri kabar pada mereka


Di masa pandemik seperti ini, jadi tantangan tersendiri nih buat anak rantau yang harus terpisah dengan orangtua di kampung. Apalagi sudah dua kali momen Lebaran, kamu gak pulang kampung, ya ‘kan?

Jangan lupa untuk luangkan waktu untuk sering memberi kabar kepada orangtuamu ya. Kamu bisa memanfaatkan fitur video call agar lebih seru. Jangan lupa untuk selalu isi kuota dan sinyal yang baik biar gak lemot loading-nya ya.

5. Kamu dan para saudaramu rukun selalu
Suka kepikiran gak sih? Hal apa yang bikin orangtua bahagia di hari tua mereka? Tentunya adalah terjaganya kerukunan dan eratnya persaudaraanmu. Orangtua pasti sedih jika anak-anak yang mereka besarkan saling benci atau ada konflik. Makanya, yang akur ya dengan saudaramu. 

Gimana? Siap bahagiain orangtua kamu? Mau mulai dari yang nomor berapa? (WEB)




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik