7 Cara Kurangi Risiko Paparan Radiasi Ponsel, Jangan Biasakan Kantongi Ponsel

Ilustrasi wanita depresi menggenggam ponsel. shutterstock.com

Jakarta, Semakin berkembang zaman, masyarakat semakin tak bisa lepas dari alat komunikasi telepon seluler atau ponsel. Meski memudahkan kehidupan, penggunaan ponsel turut menimbulkan sedikit kekhawatiran mengenai dampak paparan radiasi.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebagai tindakan pencegahan, Down To Earth memberikan tujuh langkah bijak terhadap bahaya radiasi ponsel yang bisa Anda ikuti:

1. Jauhkan ponsel dari tubuh dan sebisa mungkin hindari menyimpannya dalam saku baju maupun celana. Saat berpergian maupun di luar ruangan, pilihan terbaik ialah menyimpan ponsel di dalam tas.

2. Matikan atau aktifkan mode pesawat saat ponsel tidak sedang digunakan. Ketika Anda merasa konektivitas jaringan tidak diperlukan dalam beberapa waktu ke depan, lebih baik mematikannya atau mengaktifkan mode pesawat sebanyak mungkin. Hal ini juga baik Anda lakukan sebelum tidur.

3. Sebelum menyerahkan ponsel ke anak-anak, semisal untuk menonton video. Ada baiknya unduh video terlebih dahulu, dan serahkan ponsel dalam keadaan mode pesawat.

4. Saat menelepon sebaiknya gunakan speaker atau handsfree, namun jika tidak memungkinkan menggunakan keduanya, jauhakan ponsel sekitar 1 sampai 2 centimeter dari telinga.

5. Akan lebih baik ketika Anda sering bertukar pesan teks dibandingkan melakukan panggilan telepon.

6. Jangan melakukan panggilan telepon saat ponsel sedang dicas, sebab dalam kondisi tersebut jumlah radiasi yang dipancarkan 10 kali lebih tinggi.

7. Hindari menggunakan ponsel saat baterai lemah, sebab dalam kondisi ini radiasi yang dipancarkan ponsel turut meningkat.
Tujuh langkah mudah turunkan risiko paparan radiasi ponsel ini bisa Anda terapkan, guna kebaikan kesehatan dalam jangka panjang.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik