Tips dari Pertamina agar Tidak Menjadi Korban Hoaks Lowongan Kerja dan Pembagian Hadiah











Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks terkait PT Pertamina (Persero) beragam bentuknya, dari lowongan kerja hingga pembagian hadiah, modus penyebaran informasi palsu tersebut adalah penipuan.

Pertamina pun mengingatkan masyarakat yang mendapati informasi terkait lowongan kerja hingga pembagian hadiah atas nama perusahaan tersebut, agar tidak mudah tergiur dengan iming-iming tersebut sehingga tidak menjadi korbang penipuan akibat mempercayai hoaks.

Dikutip dari situs resmi Pertamina, berikut tips dari Pertamina untuk agar tidak menjadi korban hoaks tentang lowongan kerja hingga pembagian hadiah.

1. Tidak memberikan respon kepada janji-janji penawaran bisnis yang tidak benar dan/atau penawaran kerja yang berasal dari orang atau alamat e-mail yang anda tidak ketahui atau tidak dipercaya

2. Jangan mengungkapkan data pribadi anda atau data keuangan anda kepada siapapun yang tidak anda kenal dan percaya. Apabila anda mengungkapkan informasi tersebut kepada orang atau mengunggah melalui website yang tidak anda percayai mohon untuk melaporkan kejadian tersebut kepada aparat penegak hukum.

3. Mohon untuk waspada terhadap informasi dari alamat yang bukan milik PT PERTAMINA (PERSERO) (seperti contoh email dari yahoo.com) baik dalam bahasa Indonesia danBahasaInggris meminta sejumlah uang.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik