Menlu Retno: Sudah Terlalu Lama Israel Gerogoti Hak-hak Palestina


Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi
mengatakan, Israel sudah terlalu lama menggerogoti hak-hak masyarakat dan bangsa Palestina . Indonesia, tegasnya, akan terus membantu Palestina memperjuangkan hak-hak mereka.

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," ucap Retno.

Dia menuturkan, Indonesia sangat mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan, khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan puluhan korban jiwa warga sipil yang tidak berdosa.

Indonesia, ujarnya, terus berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestine.

Komite yang dibentuk tahun 1975 ada di Majelis Umum PBB dan memiliki mandat memperjuangkan hak-hak Palestina termasuk hak kemerdekaan Palestina. Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara anggota biro dan memangku jabatan Wakil Ketua dalam komite tersebut.

Retno mengatakan, Indonesia juga mengusulkan agar Organisasi Kerjasama Islam (OKI) danGerakan Non Blok (GNB)dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini.

"Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan (DK) PBB dapat mengambil langkah nyata, menghentikan seluruh kekerasan, dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina," tukasnya.



Sindonews

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik