Jadi Trending Topic, Warganet Khawatir Kerumunan di Pantai Ancol Menyerupai Sungai Gangga India


Ancol menjadi salah satu trending topic Twitter hari ini, Sabtu (15/5/2021). Pasalnya, situasi ribuan pengunjung Pantai Ancol kemarin menjadi perhatian netizen atau warganet. Sejumlah warganet mengunggah kekhawatiran mereka akan ledakan kasus Covid-19 dan membandingkannya dengan ritual agama di Sungai Gangga, India, yang menjadi cikal bakal meledaknya kasus Covid-19 di negeri itu.

Unggahan warganet disertai dengan foto-foto perbandingan antara situasi pantai Ancol dengan Sungai Gangga.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja J Antoni di akun @AntoniRaja mencuit Hari kedua lebaran Ancol Dikunjungi 39 ribu wisatawan. Gab bisa ngomong. Semoga kalian sehat2 saja. Rem darurat mana? Rem darurat???

Festival mandi massal di Sungai Gangga atau yang disebut Festival Kumbh Mela disebut sebagai super spreader tsunami Covid-19 di India.

Ribuan orang kala itu berkumpul bersama di kota Haridwar untuk mengikuti festival keagamaan tersebut. Tidak ada sama sekali penerapan protokol kesehatan menjaga jarak dan bahkan memakai masker. Kasus Covid-19 India meledak. Sungai Gangga kini dipenuhi mayat pasein Covid-19.

Sementara itu, seperti diberitakan, pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sudah dibatasi hanya 30% dari kapasitas maksimal, yakni 40.000 dari normalnya 120.000 orang.

Kondisi Kamis (13/5/2021), kawasan wisata di bagian utara Jakarta ini dikunjungi sekitar 30.000 orang.

Sedangkan pada Jumat (14/5/2021) Ancol dikunjungi 40.000 orang atau sampai batas maksimal pengunjung di masa pandemi. Karena itu, pihak pengelola sempat menerapkan sistem buka tutup.

Artinya, ketika jumlah pengunjung mencapai batas maksimal maka pintu gerbang ditutup meski masih ada banyak calon pengunjung yang mengantre hendak masuk. Pintu gerbang tiket baru dibuka lagi seiring adanya pengunjung yang keluar.

Namun demikian, penampakan kerumunan pengunjung terutama di Pantai Ancol, seperti yang muncul di sejumlah media memperlihatkan ketiadaan protokol kesehatan menjaga jarak, sehingga warganet menilai kerumunan tersebut bagaikan situasi Sungai Gangga.

Akun @PardedeReza666 membuat sindiran, FOMO saat ini adalah Fear of Missing Out kena Covid-19. Nikmati saja.

Akun @MurthadaOne1, misalnya mengunggah dua foto Sungai Gangga dan Pantai Ancol dengan pesan, kiri (gambar Sungai gangga) penyebab tsunami Covid-19 di India dan kanan (gambar Ancol) adalah Ancol pada 14 Mei 2021.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol sendiri akhirnya menghentikan operasi kawasan tersebut pada hari ketiga libur Lebaran 1442 Hijriah, atau Sabtu (15/5/2021).

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan pihaknya ingin melakukan evaluasi kegiatan di kawasan rekreasi tersebut selama satu hari, agar lebih kuat di dalam penerapan protokol kesehatan.