Cara Memandikan Kucing Agar Bersih dan Sehat


Grooming kucing merupakan salah satu hal penting untuk merawat anabul kesayangan Anda. Memandikan kucing akan membantu menjaga kucing terhindar dari kutu badan dan jamur. Untuk memandikan kucing, Anda dapat melakukan grooming di salon khusus kucing dan anjing.

Harga grooming yang ditawarkan juga cukup beragam. Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, paket grooming mulai dari Rp50 ribu hingga Rp120 ribu.

Selain itu, ada beragam paket yang ditawarkan mulai dari hanya memandikan dan dikeringkan saja, paket potong kuku, paket bersihkan telinga, paket mandi kutu untuk bersihkan kutu badan kucing, paket mandi jamur untuk bersihkan jamur di badan kucing, dan paket lengkap mulai dari potong kuku, bersihkan telinga, mandi kutu, serta mandi jamur.

Namun, mahalnya biaya grooming di salon kucing apalagi Anda yang memiliki lebih dari satu kucing, membuat sebagian pemilik kucing memilih untuk memandikan sendiri anabul mereka.

Untuk menjaga kebersihan anabul kesayangan Anda, Anda dapat memandikan sendiri anak bulu kesayangan Anda.

Berikut beberapa cara dan langkah untuk memandikan kucing serta peralatan yang dibutuhkan melansir laman foundanimals.org, pets.webmd.com, dan animalhumanesociety.org.

1. Potong kukunya dan bersihkan telinga kucing

Melansir pets webmd, sebelum memandikan kucing, Anda sebaiknya memotong kukunya dengan gunting kuku manusia atau gunting kuku khusus kucing/anjing. Selain itu, Anda juga sebaiknya membersihkan telinga kucing agar tidak ada kutu telinga (ear mite). Anda dapat membersihkan telinga kucing dengan cotton bud dan baby oil.

2. Sisir bulu kucing

Sisir bulu kucing dengan sisir khusus sebelum mandi agar tidak ada bulu kusut ketika dimandikan. Bulu kusut yang terkena air hanya akan semakin membuatnya menempel dan sulit untuk diurai.

3. Mandikan kucing dengan air hangat

Tidak semua kucing suka dengan air, untuk meminimalisir rasa kejut yang dapat dialami kucing, Anda dapat memandikan kucing dengan air hangat seperti melansir laman animal human esociety.

Anda juga dapat menggunakan shampoo anti kutu jika kucing Anda terkena kutu badan. Proses memandikan ini sebaiknya jangan terlalu lama agar kucing tidak kedinginan yang dapat menyebabkan flu.

4. Keringkan bulu kucing

Melansir laman found animals, segera setelah memandikan kucing, bungkus tubuhnya dengan handuk agar kucing tidak kedinginan. Lalu, keringkan bulu kucing dengan hair dryer atau blower khusus hewan. Jika Anda tidak memiliki salah satu alat tersebut, Anda dapat menjemur kucing di bawah sinar matahari hingga bulu kucing kering secara alami.

Untuk membuat kucing Anda tenang ketika proses memandikan kucing, Anda dapat berbicara kepada kucing dengan nada rendah untuk mengurangi ketegangan selama proses memandikan kucing.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik