Jangan Install WhatsApp Ini di Smartphone, Atau Dirampok!


Jakarta, Indonesia, Belakang muncul pesan bagi pengguna WhatsApp yang menawarkan tampilan WhatsApp warna pink dan fitur baru. Bila kamu mendapat pesan itu jangan tergoda itu modus baru hacker yang ingin merampok data pengguna smartphone.

Ketika kamu meng-install-nya, bukan perubahan pada instalasi WhatsApp asli yang akan terjadi. Namun link pada pesan akan mengarahkan pengguna untuk mengunduh pada aplikasi jahat WhatsApp Pink pada ponselnya.

Pastinya, aplikasi ini tidak ada hubungan apapun dengan WhatsApp bahkan dengan induk usahanya Facebook, dikutip dari Gadgets NDTV, Senin (26/4/2021).

Hal ini ditemukan oleh peneliti keamanan siber Rajshekhar Rajaharia. Dalam unggahan di akun Twitternya dia juga menyertakan tangkapan layar dari aplikasi jahat yang ternyata meniru tampilan antarmuka WhatsApp asli.

"Setelah diinstal, WhatsApp Palsu akan mulai mengirimkan pesan berisi link untuk diunduh (download). Tujuannya untuk mengumpulkan data pengguna sebanyak mungkin," ungkap Rajaharia.

Dengan beredarnya modus ini, diharapkan untuk para pengguna tidak membuka link apapun yang diklaim akan memberikan tampilan atau fitur baru di WhatsApp.

"Semua orang bisa mendapatkan pesan tidak biasa atau mencurigakan termasuk email dan kapanpun ini terjadi kami menganjurkan orang untuk berhati-hati sebelum merespons," kata WhastApp dalam keterangannya.

Pihak WhatsApp juga juga menyarankan pengguna platformnya menggunakan tools yang telah disediakan. Yakni yang akan mengirimkan pesan pada WhastApp atau bajakan melaporkan atau memblokir kontak.

WhatsApp Pink bukan modus pertama yang terjadi. Sebelumnya juga telah ada WhastApp Gold yang dibuat untuk mengambil data pengguna.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik