Gus Muwafiq: Rahasia Para Ulama Menggerakkan Anggota Badan saat Beribadah


KH Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal dengan Kyai Muwafiq atau Gus Muwafiq adalah salah satu ulama Nahdlatul Ulama' yang kini tinggal di Sleman, Yogyakarta.

Gus Muwafiq pernah menjabat sebagai asisten pribadi KH Abdurrahman Wahid, termasuk saat menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke empat.

Dalam ceramah singkat di TV NU (24/04/2021) Gus Muwafiq menjelaskan rahasia orang-orang pintar saat beribadah kerap melakukan gerakan tubuhnya, baik dengan tangan, kepala, tubuh, dan lainnya.

Dengan tangan biasanya seseorang yang alim itu melakukan zikir dengan banyak mengingat keagungan dan keesaan Allah SWT. Demikian dilakukan agar tangannya dikenalkan dengan Allah.

Begitu juga berzikir dengan menggerakkan kepala, bahkan ada yang seperti memutar-mutar kepalanya, itu sebagai upaya mengenalkan kepalanya dengan Allah. Dengan demikian surah terbiasa dengan kesucian.

Sehingga menurut beliau, tidak layak jika kemudian ada sebagian orang yang menganggap atau menuduh orang yang melakukan amalan ibadah dengan menggerakkan anggota badan disebut sebagai orang sesat, itu karena salah paham.

Salah satu upaya agar spiritual seseorang terus meningkat, kata Gus Muwafiq, adalah dengan melakukan puasa. Puasa akan melatih fisik menurunkan kemauannya dan meningkatkan nilai spiritual yang dimiliki seseorang. Dengan begitu kondisi jasmani dan rohaninya akan terus berimbang. Wallahu A'lam.



Akurat

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik