Viral Jembatan Rp 200 Juta tapi Bentuknya Bikin Warganet Geleng Kepala-Berita Hits

 "Positive thinking aja mungkin yang ngaduk semen Raffi Ahmad, yang masang besi Deddy Corbuzier," kata warganet.


Foto jembatan yang menelan dana Rp 200 juta viral di media sosial. Berdasarkan keterangan foto, jembatan Rp 200 juta ini berada di Gresik.

Jembatan viral Rp 200 juta fotonya beredar luas di berbagai akun jejaring media sosial. Salah satu yang viral adalah foto yang dibagikan ulang oleh akun Twitter @MemeComicIndo.

"Uang pajak Anda sedang bekerja," tulis @MemeComicIndo seperti dikutip BeritaHits.id, Sabtu (20/3/2021).

Unggahan tentang jembatan Rp 200 juta di Gresik ini pun mendapat banyak tanggapan dari pengguna Twitter. Tak sedikit warganet yang mencoba 'positive thinking'.

Baca Juga: Viral Aksi Pemuda Buang TV ke Sungai Demi Konten Bikin Publik Meradang
"Rp 200 juta itu normal, untuk kualitas bahan baku impor, semen dari Kamerun, rangka baja dari Jerman, pasir dari Argentina, sekop, cangkul nyewa dari Rusia, yang dipakai juga tenaga kerja asing dari China," tulis warganet.

Ada pula warganet yang mencoba review jembatan ala Sisca Kohl yang viral.

"Jembatan 200 juta check. Jadi kali ini desa punya proyek. Aku dan adikku suka banget sama proyek seperti ini. Aku beli semen dari Zimbabwe 50 juta, semen ini sangat langka. Pasirnya beli di Hawaii 100 juta. Tukangnya kita impor langsung dari Kutub Utara. Mari kita cobaaa," tulis warganet.

Kalau pengguna Twitter yang satu ini posthink kulinya artis-artis ibu kota.
"Wajar mahal yang ngaduk semen Raffi Ahmad, yang masang besi Deddy Corbuzier, dan disiarkan langsung di Trans7," tulis warganet ini.

Dana sudah sesuai RAB

Pantauan SuaraJatim.id, jembatan yang terlihat baru itu menghubungkan jalan menuju ke pertambakan atau sawah. Jembatan tersebut juga tidak memiliki pembatas di kanan maupun di kiri seperti jembatan pada umumnya.

Adapun sesuai papan informasi yang terpasang, pembangunan jembatan itu memakai dana bantuan keuangan tahun anggaran 2020. Dengan rincian bangunan panjang 4 meter dan lebar 4 meter.

Sementara itu Kepala Desa Wadak Kidul Moh Hamam, membenarkan jika pembangunan jembatan menghabiskan anggaran sebesar Rp 200 juta. Ia juga menerangkan, jika dana itu sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Tahun 2020.

"Dana itu diambilkan dari Bantuan Khusus atau BK. Memang nilainya segitu," kata Kades saat ditemui di Balai Desa Wadak Kidul, Kamis (18/3/2021), seperti dikutip BeritaHits.id dari SuaraJatim.id.

Ia menuturkan, proses pembangunan jembatan juga diketahui oleh pihak Kecamatan Duduksampeyan. Bahkan ia kerap meminta usul agar bangunan sesuai standar. Bahkan untuk membuat jembatan itu, pihaknya mengaku memghabiskan waktu hingga tiga bulan.

"Baru selesai akhir tahun kemarin. Mulai pengerjaan bulan Oktober," katanya.

Lebih lanjut, Hamam juga menyebutkan, besaran anggaran itu disebabkan karena salah satunya kondisi tanah di sekitar jembatan sangat labil. Untuk itu sebelum membangun jembatan, ia juga memasang paku bumi sedalam 1,5 meter.

"Kondisi tanahnya memang bergerak. Jika kontruksinya tidak kuat maka jembatan akan cepat ambles," katanya.

"Anggarannya memang sekian, ada RAB-nya. Nanti kalau sudah selesai dari verifikasi baru kami beri pembatas," katanya.





#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik