Setelah PCX160, Honda Siapkan Vario 160cc

Kabar pabrikan roda dua asal Jepang, Honda menghadirkan jajaran skuter matik (skutik) baru berkapasitas 160cc kembali muncul. Setelah meluncurkan PCX 160, Honda dikabarkan tengah bersiap untuk meluncurkan skutik baru pada tahun ini.

Dikutip Rideapart, Rabu (3/3), Honda memang sedang diterpa isu bahwa mereka tengah mempersiapkan Honda Vario dengan mesin 160cc.
Mesin tersebut disebutkan sama dengan PCX 160 yang telah mengaspal pada beberapa bulan lalu di Indonesia. Ditunjuknya Honda Vario sebagai model baru karena pangsa pasar skutik berlogo sayap mengepak itu di beberapa negara Asia cukup besar, terutama di Thailand. Hal itu membuat prinsipal memutuskan mengambil model tersebut untuk dikembangkan.

Jika informasi itu benar, Honda Vario 160 itu hadir dengan mesin silinder tunggal 157cc yang menawarkan tenaga 14,7 Hp. Sayangnya, lantaran informasi masih belum akurat sehingga besarnya torsi pada skutik tersebut masih belum terungkap.

Untuk fitur unggulan yang menjadi ciri khas Honda yakni eSP+ juga akan disematkan pada Vario 160 ini.

Menurut laporan, kerja keras Honda menghadirkan motor berkapasitas 160cc bukan karena merekayasa ulang mesin atau menambah tenaga yang dihasilkan. Namun, rencana lain yang ditempuh ialah Honda ingin menampilkan keunggulan dari sisi emisi, efisiensi dan tentu saja untuk menyesuaikan uji global seperti Euro 5 dan BS6 di India.