Biasa Merokok Usai Makan? Teruskan Saja Jika Ingin Kena Kanker Usus!


Merokok merupakan kebiasaan yang sulit untuk dilepaskan bagi yang mengonsumsinya. Butuh waktu yang cukup lama membuat seorang perokok menghentikan kebiasaan tersebut, meski dirinya sudah mengetahui bahaya merokok itu sendiri.
Merokok dapat menganggu kesehatan tubuh, muali dari paru-paru hingga ke sistem reproduksi. Tak hanya itu, merokok bahkan menganggu sistem pencernaan kamu lho.

Pusat Kesehatan Nasional Inggris merokok merupakan salah satu penyebab kematian dan pernyakit terbesar di negaranya, yang juga terjadi di dunia.
Tetapi faktanya masih banyak orang yang merokok walau banyak pakar kesehatan tidak merekomendasikannya.

Salah satu kebiasaan perokok yang cukup sulit dihilangkan adalah merokok setelah makan. Padahal, hal ini juga berbahaya.

Dilansir Times Now News, tubuh harus mencerna saat makan, Artinya, tubuh mengubah makanan menjadi bentuk yang dapat diserap.

Proses pencernaan dimulai begitu kamu memasukkan makanan ke mulut. Enzim dari air liur akan memulai prosesnya. Kemudian, lambung akan mengubah makanan menjadi zat halus yang disebut chyme dan saat masuk ke usus kecil, proses penyerapan dimulai.

Merokok setelah makan berisiko membuat nutrisi dari makanan sulit untuk diserap. Sistem pencernaan bekerja di seluruh tubuh dan karena setelah makan sistem ini akan sangat aktif, nikotin dari rokok akan mengikat oksigen dalam darah.

Usus dan organ dalam lainnya kemungkinan besar akan terpengaruh karena ledakan radikal bebas yang dilepaskan akibat merokok setelah makan.

Para ahli percaya bahwa merokok setelah makan meningkatkan risiko terkena kanker usus dan paru-paru.

Ilmuwan pun mendukung hal ini, mereka mengatakan satu batang rokok setelah makan sama berbahayanya dengan merokok sepuluh batang.





#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik