13 Persiapan Penting Menyambut Bulan Puasa Ramadan


Sebisa mungkin hindari kegiatan di luar rumah semalam bulan puasa, persiapkan kondisi fisik dan mental untuk menyambut Ramadan.

JAKARTA - Gaya hidup sehat menjadi sangat penting selama pandemi, khususnya untuk menyambut bulan puasa, Ramadan.
Bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa, maka bisa mempersiapkan datangnya Ramadan sejak jauh hari.
Mengutip Soundvision, Senin (22/3/2021), berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan menjelang Ramadhan.

1. Bagi yang sedang bekerja di kantor (WFO), maka bisa mengajukan permintaan untuk perubahan jadwal atau waktu istirahat di bulan Ramadan. Anda bisa meminta untuk datang lebih awal dan pulang lebih awal sehingga anda bisa tiba lebih awal dan pulang sebelum berbuka puasa.

2. Meminta untuk bekerja dari rumah selama bulan Ramadan, anda tidak perlu datang ke kantor dan pekerjaan anda bisa diselesaikan di rumah. Dengan cara ini, anda setidaknya menghemat waktu karena tidak perlu bepergian.

3. Selesaikan pajak anda. Ini bukan tentang kewajiban, tetapi juga dapat menghasilkan pengembalian pajak yang dapat anda sumbangkan sebagian atau seluruhnya selama Ramadan.

4. Mulailah membiasakan diri dengan jadwal Ramadan harian. Pergi tidur lebih awal dari biasanya; bangun pada waktu sahur (anda juga dapat melakukan salat Tahajud). Dengan cara ini, anda akan memiliki lebih banyak energi setelah Ramadan tiba.

5. Jangan lupa membayar zakat dan mulai berfikir untuk menyalurkan zakat kepada siapa di Ramadan tahun ini.

6. Batalkan semua olahraga dan kegiatan fisik yang berat selama bulan Ramadhan jika memungkinkan.

7. Beli baju dan hadiah untuk Idul Fitri. Berikan hadiah bagi dirimu sendiri dan orang-orang yang terkasih. Mempersiapkan hadiah sejak dini, akan memberikan waktu yang  lebih panjang untuk mempersiapkan yang terbaik menjelang Idul Fitri.

8. Luangkan waktu lebih banyak untuk membaca buku selama Ramadan.

9. Rencanakan pembelian bahan makanan, pakaian, atau keperluan lainnya sehingga Anda dapat menghindari berbelanja dan keluar rumah selama Ramadan.

10. Batalkan atau jadwalkan ulang sebanyak mungkin pertemuan di bulan Ramadan selama pandemi.

11. Selesaikan semua tugas yang harus diselesaikan selama Ramadan. Ini bisa termasuk seperti melakukan penggantian oli untuk kendaraan dan memperpanjang atau membayar pajak kendaraan.

12. Tentukan menu makan Ramadan dan membeli beberapa makanan yang siap saji.

13. Terakhir, mulailah melatih jadwal Ramadan harian Anda dan tetap semangat.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik