Trader Saham Ritel Wajib Ikut Tanda tangani Petisi ini !

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik





Bisnis.com, JAKARTA — Para investor bereaksi cepat menolak rencana PT Bursa Efek Indonesia melakukan penutupan kode broker dalam running trade di sistem perdagangan mulai 26 Juli 2021. Kegelisahan utama datang dari para penganut analisis bandarmology. Norris masih terbilang baru terjun ke dunia investasi saham. Karyawan salah satu pabrik itu mulai mempelajari pasar modal pada 2018 dan memutuskan terjun langsung akhir 2019. Baginya, informasi kode broker menjadi salah satu petunjuk dalam berinvestasi di pasar modal. Oleh karena itu, pihaknya menyatakan tidak setuju terhadap rencana Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penutupan kode broker. “Sangat tidak setuju karena akan mempersulit melihat pergerakan bandar. [Kode broker] supaya tahu broker mana yang sedang melakukan pembelian besar dan penjualan yang jumlah besar,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (24/2/2021) malam.

Norris tidak sendirian. Ada ribuan investor lain yang berpendapat sama dengannya. Jumlah itu merupakan para penandatangan petisi di platform daring change.org yang digagas oleh pengguna bernama Bunga Trader dengan judul ‘Tolak Kebijakan BEI Terkait Penutupan Kode Broker & Tipe Investor’. Petisi itu ditujukan kepada Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso. Sampai dengan Kamis (25/2/2021) dini hari, petisi itu telah ditandatangani oleh 1.500 pengguna.

Dalam unggahannya, akun Bunga Trader mengatakan periode 2021 menjadi tahun yang cukup menantang bagi investor ritel. Harga saham rerata sudah naik tinggi bahkan beberapa sudah mencapai all time high. Di tengah kondisi itu, diperlukan analisa yang mendalam baik analisa secara fundamental, teknikal, maupun bandarmology sebelum membeli saham-saham tersebut agar tidak tersangkut di pucuk. Sang pembuat petisi menilai kebijakan BEI terkaiti penutupan kode broker dan tipe investor dalam running trade di sistem perdagangan saham yang akan dimulai pada 26 Juli 2021 tidak berpihak dan sangat merugikan investor atau trader ritel. Menurutnya, broker summary merupakan salah satu alat yang biasanya digunakan sebelum membeli saham. Untuk diketahui, analisis bandarmology dengan cara melihat kode broker dan tipe investor terutama saat jam bursa mempunyai peran penting agar dapat mengetahui pergerakan harga saham apakah sedang akumulasi atau distribusi.

Isi Petisi :

Tahun 2021 merupakan tahun yang cukup menantang bagi investor ritel. Seperti yang kita ketahui, harga saham rata-rata sudah naik tinggi di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan banyak saham yang sudah ATH (All Time High).

Maka diperlukan analisa yang mendalam baik analisa secara fundamental, teknikal, maupun bandarmology sebelum membeli saham-saham tersebut agar tidak nyangkut di pucuk. Dan ketiga analisa tersebut merupakan satu kesatuan yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut saya, kebijakan BEI terkait 'Penutupan Kode Broker dan Tipe Investor' dalam running trade di sistem perdagangan saham yang akan dimulai tanggal 26 Juli 2021, saya rasa tidak berpihak dan sangat merugikan investor/trader ritel. Karena broker summary (broksum) merupakan salah satu alat yang biasanya di gunakan sebelum membeli saham oleh trader, baik trader harian, trader BPJS (beli pagi jual sore) atau BSJP (beli sore jual pagi), swinger maupun trend follower.

Analisa bandarmology dengan cara melihat kode broker dan tipe investor terutama saat jam bursa mempunyai peran penting supaya kita bisa tahu harga pergerakan saham tersebut, apakah sedang di akumulasi atau distribusi.

Dan jika BEI menutup kode broker dan tipe investor saat jam bursa, sama saja BEI secara paksa menutup mata para trader dalam jual beli saham. Sehingga analisa saat proses jual beli saham kurang maksimal dan bisa mengakibatkan kerugian.

Selain itu, saya rasa BEI juga akan kehilangan pundi-pundi dari transaksi harian para trader yang pastinya akan menurun dratis jika peraturan penurupan kode broker dan tipe investor saat jam bursa di terapkan.

Mohon kebijaksanaanya BEI untuk membatalkan peraturan 'Penutupan Kode Broker dan Tipe Investor' yang akan dimulai tanggal 26 Juli 2021.

Terimakasih


Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "", Klik selengkapnya di sini: https://market.bisnis.com/read/20210225/7/1360639/gelombang-penolakan-penutupan-kode-broker-akhir-bandarmology#.
Author: M. Nurhadi Pratomo
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS