Tips Merawat Ikan Cupang untuk Pemula

Meskipun termasuk dalam jajaran ikan hias yang mudah untuk dirawat, namun ikan cupang juga harus diperhatikan secara khusus agar bisa berkembang dan bertahan lama.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara ikan cupang, mulai dari wadah, keadaan air, hingga pakannya.

Jika terlewatkan, tak menutup kemungkinan jika ikan cupang bisa cepat mati atau terserang penyakit.

Mengutip dari kanal Youtube Betta Mansion, Kamis (21/1/2021), untuk memelihara ikan cupang, gunakan toples sekurang-kurangnya berukuran 4 liter sehingga ikan cupang bisa bergerak lebih bebas dan memiliki tempat yang lebih luas.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah penggunaan air. Dianjurkan untuk menggunakan air mineral atau air isi ulang, sebab ikan cupang memerlukan lingkungan air dengan pH 6,5 hingga 7.

Penggantian air dalam wadah juga menentukan kesehatan ikan cupang. Maka dari itu, ganti air dalam wadah selama seminggu dua kali karena ketika ada kotoran yang tertinggal di dalam wadah, akan menjadikan amonia yang bisa membahayakan ikan cupang.

Selanjutnya, agar ikan cupang tumbuh dengan sehat, perhatikan jenis makanan yang diberikan. Makanan yang terbaik untuk ikan cupang adalah makanan alami, yakni kutu air, cacing sutera, jentik nyamuk, dan sebagainya.

Hal yang terakhir yang harus diperhatikan saat memelihara ikan cupang adalah tetap melatih ikan cupang agar ikan tetap fit sebab ikan cupang juga membutuhkan olahraga setiap harinya.

Bagaimana cara melatihnya? Anda bisa membuka sekatnya selama 15 hingga 20 menit setelah pemberian makan. Hal ini akan membantunya untuk lebih fit dan lebih sehat.


Kompas