Ternyata Ini Dia Panduan Dasar Melatih Kecerdasan pada Anak


Sering kali orang tua bingung cara melatih kecerdasan anak. Bertanya-tanya apa dan bagaimana caranya? Juga takut salah dalam memfokuskan minat anak dalam belajar. Sebelum memfokuskan minat, orang tua harus tahu bagaimana caranya mengajarkan beberapa hal dasar yang harus dipahami oleh si kecil.

Nah, berikut ini ada panduan untuk melatih anak usia dua sampai enam tahun berdasarkan multiple intelligence yang dikemukakan oleh Howard Gardner.

1. Kecerdasan Kinestetik

Pendidikan kecerdasan kinestetik dapat diberikan kepada si kecil di usia dua sampai enam tahun. Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan gerakan sebagai kecerdasan dasar yang harus dimiliki anak agar ia bisa berkonsentrasi dan tumbul secara optimal.

Cara penerapannya bisa dengan berolahraga yang melibatkan fisik. Moms juga bisa menentukan olahraga sesuai dengan umur si kecil.

2. Kecerdasan Musikal

Moms, mulai ajarkan anak untuk memahami nada, menikmati irama dan suara-suara. Anak-anak akan bisa memahami nada dan mulai bernyanyi atau memainkan alat musik dan bergerak mengikuti lantunan suara-suara yang tercipta. 

3. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal dapat diajarkan kepada anak berusia empat sampai enam tahun. 

Guna kecerdasan ini adalah kemampuan dalam mengetahui jati dirinya sendiri. Seperti identitas dirinya yang melingkupi keluarga, teman dekat, dan lingkungannya.

Cara melatih kecerdasan ini dengan bertanya yang mengharuskan anak memilih jawaban sesuai dengan keinginan dirinya sendiri. 

4. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan ini bisa dilatih dengan cara menggambar, melukis, membuat bidang seperti ruangan atau bidang tiga dimensi (3D). 

Untuk mengasah kecerdasan ini cukup mudah. Anak-anak dapat diasah kemampuan spasialnya dengan bermain lego, rubrik, balok dan puzzle.

5. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis berhubungan dengan cara anak belajar dari alam, lingkungan, hewan dan tumbuhan. 

Moms bisa melibatkan anak untuk merawat tanaman di rumah, atau memelihara binatang dan ajarkan mereka bagaimana cara merawat binatang tersebut dengan kasih sayang.

6. Kecerdasan Bahasa

Moms, jangan lupa libatkan anak dalam berdiskusi agar kosa kata mereka terangkai dengan baik. Jangan selalu membacakan anak buku dongeng, sesekali ajak mereka untuk membaca buku tersebut sendiri dengan bimbinganmu. 

Ajarkan anak cara menulis dan jadikan itu kebiasaan sehari-hari. Seperti menuliskan kembali apa saja yang terjadi di hari ini, bagaimana pengalaman liburannya dan bermain bersama temannya seperti diary.

7. Kecerdasan Logika Matematik

Kecerdasan Logika Matematik ini berkaitan dengan bagaimana anak berpikir secara sistematis, runut dan logis. Enggak selalu berkaitan dengan angka, namun anak-anak yang bisa berpikir dengan sistematis akan mudah menyelesaikan persoalan yang melibatkan angka.

8. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini adalah kemampuan bagi anak untuk bergaul dengan lingkungan sosialnya. Ajarkan anak berkenalan dengan orang baru dan bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan yang enggak hanya lingkungan sekolah atau keluarganya saja.

m.caping