Tak Banyak Orang Tahu, 5 Manfaat Kelengkeng Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi Kelengkeng (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak tahu kelengkeng? Buah satu ini mudah ditemui di Indonesia dan negara beriklim tropis lainnya. Buah yang memiliki rasa manis ini juga banyak dijual di pasaran.

Buah kelengkeng memiliki kesegaran yang khas. Meskipun berukuran kecil, kelengkeng ternyata punya banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh lho.

Mengonsumsi 5-6 buah kelengkeng dapat memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh. Selain itu, kelengkeng juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Nah penasaran apa saja manfaat lain dari buah kelengkeng? Berikut 5 manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan dan kecantikan dilansir Boldsky.


1. Mengatasi Peradangan

dikarenakan buah kelengkeng yang dimakan bocah tersebut menyangkut di tenggorokan dan membuat sang bocah tersedak

Kelengkeng memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Hal ini dapat membantu penyembuhan luka dan menurunkan peradangan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa lapisan luar, daging, dan biji kelengkeng mengandung asam galat, epikatekin, dan asam ellagic yang mampu menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi, seperti nitrat oksida, histamin, prostaglandin, dan faktor nekrosis jaringan (TNF) di tubuh Anda.

2. Mengobati Insomnia

Sumber: Freepik
Kelengkeng juga digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati insomnia. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Current Neuropharmacology menunjukkan bahwa kelengkeng terbukti dapat membuat tidur lebih cepat dan meningkatkan durasi tidur.

3. Meningkatkan Memori

Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Kelengkeng dapat membantu mendukung fungsi kognitif dan daya ingat. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan, kelengkeng dapat meningkatkan pembelajaran dan memori dengan meningkatkan kelangsungan hidup neuron yang belum matang.
4. Meredakan Kecemasan

Ilustrasi Sakit Kepala Credit: freepik.com
Kecemasan merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir atau rasa takut yang cukup tinggi hingga bisa menghambat aktivitas seseorang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelengkeng dapat membantu mengatasi kecemasan. Anda bisa mengonsumsi kelengkeng sebagai teh untuk mengurangi rasa cemas.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/Karolina
Kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat dalam buah kelengkeng dapat menjaga kesehatan kulit, lho. Kelengkeng mampu mencegah penuaan dini dan membantu kulit menghasilkan kolagen. Zat ini berperan untuk membentuk kekuatan dan kelenturan kulit.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik