Racun Dalam Tubuh Bisa Dikeluarkan Lewat Telapak Kaki Lho, Begini Caranya!



Ilustrasi

Salah satu jenis perawatan tubuh yang sedang naik daun adalah detoks telapak kaki. Metode ini diklaim mampu membuang racun dari dalam tubuh melalui telapak kaki. Dengan demikian, cara mengeluarkan racun lewat telapak kaki ini disebut-sebut mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Akan tetapi, sebenarnya manfaat sesungguhnya dari detoks telapak kaki masih menjadi perdebatan. Hal ini dikarenakan penelitian mengenai detoks telapak kaki masih sangat terbatas dan hasilnya pun tidak konsisten.

Cara mengeluarkan racun lewat telapak kaki dengan metode detoks
Cara mengeluarkan racun lewat telapak kaki ini dapat Anda lakukan di berbagai salon dan spa, pusat perawatan kesehatan alternatif, ataupun di rumah. Beberapa jenis detoks telapak kaki yang cukup populer di kalangan masyarakat, antara lain:

Rendam kaki ionik: Kaki direndam dengan dilengkapi alat khusus ionisasi.
Rendam kaki biasa: Merendam kaki dalam air hangat yang dapat ditambahkan garam epsom atau minyak esensial.
Lulur kaki: Memijat kaki dan telapak kaki dengan menggunakan lulur.
Masker kaki: Masker kaki yang biasanya terbuat dari tanah liat. Masker dioleskan dan didiamkan selama beberapa waktu sebelum dicuci.
Koyo kaki: Koyo detoks khusus telapak kaki ini dipercaya mampu mengeluarkan racun tubuh melalui keringat.
Pijat akupresur: Memijat pada titik-titik tertentu di telapak kaki dengan teknik akupresur yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.
Untuk melakukan cara mengeluarkan racun lewat telapak kaki di rumah, ada beberapa resep rendaman, scrub, dan masker yang dapat Anda buat sendiri. Berikut beberapa resep yang bisa Anda ikuti.

1. Air rendaman cuka apel
Tambahkan 1 cangkir cuka apel ke dalam bak atau ember air hangat, lalu rendam kaki selama 20-30 menit. Cuka apel juga bermanfaat untuk menghilangkan bau kaki.

2. Masker kaki
Campurkan 3 sendok makan tanah liat bentolit dengan 3 sendok cuka apel, 3 tetes minyak esensial pohon teh (tea tree oil), dan 3 tetes minyak esensial lavender.Campur seluruh bahan hingga berbentuk pasta kental, lalu aplikasikan pada kaki dan biarkan mengering. Setelah 30 menit, bilas kaki dan keringkan dengan handuk.

3. Scrub kaki
Campurkan 1 cangkir garam epsom dengan setengah cangkir minyak zaitun, 5 tetes minyak esensial lemon, dan 2 tetes minyak esensial peppermint.Oleskan scrub ke telapak kaki sambil dipijat dengan lembut. Bilas scrub sampai bersih, lalu keringkan dengan handuk.Bagi Anda yang tidak ingin repot membuat bahannya sendiri, ada beberapa perlengkapan detoks telapak kaki yang banyak dijual dalam bentuk instan dan bisa langsung dipakai.

Manfaat detoks telapak kaki lainnya
Selain membuang racun dan logam berat, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari detoks telapak kaki.

Meningkatkan suasana hati
Menghilangkan stres
Meningkatkan kesehatan jantung
Mengurangi pembengkakan
Membasmi kuman berbahaya
Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Meski dianggap bermanfaat, belum ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. 

Namun, terdapat beberapa efek detoks telapak kaki yang telah terbukti menguntungkan kesehatan, di antaranya:
Memberikan sensasi yang menenangkan
Meningkatkan sirkulasi darah
Meredakan nyeri
Membersihkan sel kulit mati pada kaki
Membersihkan kaki dari kuman berbahaya
Mencegah dan mengatasi bau kaki.

Efektivitas cara mengeluarkan racun lewat telapak kaki dengan detoks memang masih dipertanyakan, bahkan dibantah beberapa penelitian. Namun, di sisi lain, melakukan detoks telapak kaki tidak memiliki risiko yang berbahaya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda berminat untuk mencobanya. Metode detoks telapak kaki dapat dilakukan oleh siapa saja, kecuali jika Anda memiliki luka terbuka atau infeksi di telapak kaki.Mengingat efektivitasnya belum terbukti sesuai klaim, sebaiknya gunakan metode yang mudah, murah, dan aman. Pasalnya, merendam kaki secara tradisional memiliki efek yang serupa dengan menggunakan alat yang relatif mahal seperti alat rendam kaki ionik. (Redaksi)




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik