7 Tanda Ikan Cupang Hidup Bahagia

Ikan cupang adalah salah satu ikan peliharaan paling populer untuk pemula dan pemelihara ikan berpengalaman.

Namun karena ia harus dibiarkan sendiri di dalam bowl atau aquarium, pemilik seringkali mengira bahwa ikan cupang miliknya tidak bahagia dan kesepian. Padahal anggapan itu tidak semuanya benar.

Untuk mencari tahu lebih mendalam, ada cara yang jelas untuk mengetahui apakah cupangmu hidup bahagia atau tidak.

Tanda-tanda ikan cupang bahagia

Ikan cupang adalah ikan cantik yang biasanya dipelihara sendirian di dalam akuarium karena pejantannya bisa agresif terhadap ikan lain.

Kamu dapat mengetahui bahwa ikanmu berkembang dan bahagia dengan mengamati perilaku dan lingkungan akuariumnya.

Penting untuk meluangkan waktu untuk mengamati ikan cupang setiap hari untuk mencari tanda-tanda perilaku normal dan sehat atau indikasi bahwa mereka mungkin bosan atau tidak sehat.

Berikut adalah tanda-tanda ikan cupang tumbuh dengan bahagia:

1. Sarang

Dilansir dari Love to Know, Jumat (19/2/2021), salah satu tanda paling jelas dari ikan cupang yang bahagia adalah ketika mereka membangun "sarang gelembung". Cari kumpulan gelembung di permukaan akuarium, atau mungkin kamu melihat cupang meniup sarangnya.

Cupang jantan membuat sarang gelembung ketika mereka siap kawin, dan ikan hanya akan mengekspresikan perilaku instingtual ini jika mereka merasa aman dan nyaman.

Jika kamu tidak melihat sarang gelembung di akuarium, bukan berarti ikan cupangmu sedang tidak bahagia. Setiap cupang jantan akan membuat sarang gelembung pada frekuensi masing-masing, yang bisa dilakukan setiap hari atau setiap enam bulan.

Beberapa cupang betina juga dapat membuat sarang gelembung, meskipun umumnya ini adalah perilaku jantan.

2. Perilaku makan

Ikan cupang adalah ikan yang cerdas, salah satu tanda kecerdasan mereka adalah mengenali kapan waktunya makan.

Cupang yang ceria dan telah beradaptasi dengan baik akan mulai berenang saat kamu mendekati akuarium untuk memberinya makan, terutama jika kamu selalu memberi makan di tempat dan jam makan yang sama.

Ikan juga akan dengan bersemangat mendekati makanan dan makan saat kamu menambahkannya ke dalam akuarium.

3. Aktivitas normal

Cupang yang tumbuh dengan baik akan berinteraksi dengan lingkungannya secara teratur. Artinya, ikan cupang akan berenang di sekitar ornamen atau hiasan di aquarium dan tanaman.

Jika cupang hanya diam di satu tempat, terutama di dasar akuarium, dan mengabaikan lingkungannya, ini tandanya ia sedang tidak sehat. Ini tidak sama dengan tidur, yang dapat dilakukan oleh ikan cupang dan merupakan hal yang normal.

4.Tidak bersembunyi

Tanda lain dari ikan cupang yang bahagia adalah ikan cupang yang keluar-masuk akuariumnya dan mudah ditemukan dari hari ke hari.

Jika kamu kesulitan menemukan cupang karena ia bersembunyi sepanjang waktu, ini pertanda ikan sedang stres atau mungkin sakit.

Meskipun cupang senang menghabiskan waktu di ornamen yang memiliki tempat persembunyian, mereka tidak boleh berada di dalamnya sepanjang hari dan mengabaikan bagian akuarium lainnya.

5. Berenang dengan lincah

Cupang yang bahagia akan berenang mengelilingi akuariumnya setiap hari. Terkadang mereka akan bergerak dengan malas, dan di lain waktu mereka akan berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan lincah.

Jika cupang tampak tidak kesulitan berenang dan tidak mencondongkan tubuh ke samping atau meronta, artinya cupangmu sehat dan bahagia.

Cupang yang kurang sehat mungkin tampak kesulitan berenang dan tampak tidak terkoordinasi. Ikan mungkin juga berada di dekat dasar akuarium dan menunjukkan tanda-tanda kesulitan berenang menjauh dari dasar.

6. Rukun dengan teman

Jika kamu memelihara cupang dengan ikan lain yang kompatibel, melihatnya berinteraksi dengan mereka secara non-agresif adalah pertanda baik.

Ini berarti dia mungkin berenang di sekitar mereka atau melewati mereka tanpa terlihat stres atau mengejar mereka. Jika cupang mengarahkan siripnya ke ikan lain, mengejarnya, dan bahkan menggigitnya, ini pertanda dia tidak senang dan perlu mungkin perlu mengeluarkan ikan lainnya dari akuariumnya.

7. Warna cerah

Cupang yang tidak stres dan sehat secara fisik akan menampilkan warna cerah dan sirip yang indah.

Ini adalah perbedaan yang jelas dari cupang sakit yang akan memiliki warna yang tampak kusam dan pudar dengan sirip yang terlihat menggumpal, compang-camping, atau terkulai. Tanda lain dari ikan cupang stres adalah "garis stres" yang akan muncul secara horizontal pada tubuhnya.

8. Menjaga ikan cupang agar terus bahagia

Sangat mudah untuk membuat ikan cupang bahagia dengan memenuhi kebutuhan mental dan fisiknya.

Artinya, kamu harus menentukan aquarium dengan ukuran yang sesuai, makanan berkualitas baik, dan banyak tanaman serta dekorasi di aquarium .

Selain itu, amati rutinitas harian ikan cupang, sehingga kamu akan mengetahui tanda-tanda bahwa ikan sedang tidak sehat atau tidak bahagia.


Kompas