Tempat Penyimpanan Vaksin Ludes Terbakar, Kerugian Miliaran


Manokwari: Sarana penyimpanan vaksin Covid-19 di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, ludes terbakar. Kebakaran terjadi pada pukul 04.30 WIB dini hari kemarin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Manokwari, Yosina Orboy mengatakan, menurut keterangan warga masyarakat sekitar kantor, kebakaran terjadi bermula dari percikan api yang keluar dari dalam ruangan P2P.

"Api merambah secara cepat diakibatkan ruangan berisi ATK, laporan dan obat-obatan yang mudah terbakar," katanya, Sabtu (9/1/2021).

Kendati demikian, ada bantuan dari masyarakat yang tinggal di sekitar kantor bersama aparat kepolisian yang datang untuk memadamkan api, sehingga kebakaran tidak sampai merambat pada dua gedung lain.

Akibat kebakaran, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah, diantaranya vaksin untuk balita dan ibu hamis, termasuk cool chain lemari pendingin khusus tempat penyimpanan vaksin Covid-19 ludes dilahap si jago merah.

Kata Yosina Orboy meski vaksin Covid-19 masih di provinsi tetap sarana prasarana penyimpanan vaksin sudah disiapkan oleh pemerintah kabupaten, berkoordinasi dengan pihak kepolisian namun akhirnya tidak dapat digunakan akibat sudah terbakar.

Sementara itu Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan membenarkan hal itu. Informasi peristiwa diperoleh dari laporan masyarakat melalui petugas piket, sehingga anggota kepolisian mendatangi tempat kejadian perkara-TKP membawa satu water cannon untuk melakukan pemadaman api.

"Dan ternyata setelah petugas sampai di TKP mendapati ruang P2P sedang di kepung si jago merah," ujar Dadang.

Setelah melakukan pendataan sementara, barang yang terbakar antara lain chein box atau tempat penyimpanan vaksin sebanyak 7 unit 4 yang lama dan 3 unit yang baru dikhususkan untuk penyimpanan vaksin Covid-19 tahun 2021, yang saat ini masih berada di provinsi, termasuk 8 koli alat rapid test antobody yang hendak akan di distribusikan ke Puskesmas.

Untuk sementara pihak kepolisian masih melakukan olah TKP dan pendalaman dari kasus kebakaran tersebut sehingga hasil kepastian apakah kebakaran terjadi akibat korsleting listrik atau ada unsur kesengajaan masih dalam proses pendalaman materi. Api dapat dipadamkan oleh masyarakat dan aparat kepolisian personil Polres Manokwari di bantu Damkar Kabupaten Manokwari.

Terkait dengan itu pihak kepolisian telah memanggil beberapa saksi yakni masyrakat yang berdomisili dilingkungan kantor untuk dimintai keterangan. Pihaknya kepolisian juga telah memasangkan police line yang pasang disekitar lokasi kebakaran sehingga petugas polisi lebih mudah dalam melakukan identifikasi pendalaman kasus kebakaran/ sehingga berhasil mendapat kesimpulan atau analisa dari hasil olah TKP.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik