Menang Pemilihan Senator Georgia, Demokrat Kuasai Senat, DPR, dan Gedung Putih

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik



 Dua kandidat senator dari Partai Demokrat, Jon Ossoff dan Raphael Warnock, menang dalam pemilihan Senator di Georgia yang menjadi perhatian dunia setelah penghitungan suara Rabu (6/1/2021) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB, mengalahkan lawan mereka dari Partai Republik.

Kemenangan mereka memastikan Demokrat menguasai Senat Amerika, meskipun komposisi jumlah kursi dibandingkan Partai Republik adalah 50-50. Dalam hal ini wakil presiden yang akan dijabat Kamala Harris dari Partai Demokrat punya satu suara di Senat, yang artinya posisi mayoritas dipegang partai itu.

Dalam pemilihan sebelumnya, Demokrat juga menguasai DPR meskipun keunggulannya sedikit terpangkas, dan mulai 20 Januari Joe Biden akan dilantik sebagai presiden yang mengukuhkan dominasi partai itu di jagat politik Amerika -- legislatif dan eksekutif.

Menjelang pemilihan, komposisi kursi di Senat adalah 48 Demokrat dan 50 Republik.

Pemilihan senator di Georgia harus berlanjut ke putaran dua karena dalam pemilihan sebelumnya tidak ada yang meraih suara di atas 50% seperti aturan negara bagian.

Situasi inilah yang membuat pemilihan senator Georgia menjadi pusat perhatian dunia.
Presiden Trump hadir di Georgia untuk berkampanye bagi dua senator petahana Partai Republik, David Perdue dan Kelly Loeffler. Biden juga hadir untuk Ossoff dan Warnock.

Ossoff menantang Perdue, Warnock berusaha menggulingkan Loeffler, satu-satunya kandidat perempuan dari mereka berempat.

Dramatis
Kondisi dramatis yang menyelimuti pemilihan juga berlanjut dengan jalannya pemungutan suara yang juga dramatis.

Warbock lebih dulu diproyeksikan menang dengan mendapat 50,6% suara, sementara Loeffler memperoleh 49,4%, sangat tipis.

Namun itu belum seberapa dibandingkan “laga” Ossoff versus Perdue, yang terus berkejaran angka dalam hitungan menit.

Ketatnya kompetisi mereka berdua sudah dimulai sejak penghitungan suara menjelang tengah malam waktu setempat, atau Rabu pagi WIB.

Dari sini, Ossoff tidak pernah membiarkan Purdue menyalip dan diproyeksikan sebagai pemenang dengan keunggulan suara 50,3% berbanding 49,7%.

Sumber: Fox News, CNN