Jabodetabek Bakal Jadi yang Pertama Terapkan Bayar Tol Tanpa Setop


Jakarta - Pemerintah sudah menetapkan pemenang tender untuk proyek penerapan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF) yaitu Roatex, Ltd. Hungaria. Dengan sistem tersebut, kendaraan nantinya bayar tol tanpa setop lagi.

Menariknya lagi, teknologi yang akan dipasang oleh Roatex adalah teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi Nontunai Nirsentuh berbasis MLFF tersebut yaitu teknologi berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System).

Rencananya pihak Roatex akan membangun sistem ini mulai pertengahan tahun ini. Kemudian, targetnya bisa mulai diterapkan di ruas tol Jawa dan Bali mulai 2022 mendatang. Setelah itu, baru menyebar ke seluruh ruas tol di seluruh Indonesia.

"Konstruksinya itu hanya diberi 1 tahun, ini belum mulai, kemungkinan kita baru mulai pertengahan tahun ini. Jadi pertengahan tahun depannya sudah harus selesai semua. Jadi, pertama Jabodetabek, kemudian Jawa-Bali, habis itu baru seluruh Indonesia," ujar Chief Representative Roatex dalam konferensi pers di Queens Head, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2021).

Sistem dengan teknologi GNSS yang bisa bayar tol tanpa setop ini seperti sudah banyak diterapkan oleh negara-negara maju terutama di Eropa. Di Uni Eropa, yang sudah mengaplikasikan sistem GNSS, antara lain Slowakia, Jerman, Republik Ceko, Rusia, Hongaria, lalu Belgia.

Kemudian negara-negara Eropa lainnya yang akan mengadopsi sistem transaksi tol nirsentuh GNSS ini adalah Kroasia dan Yunani.

Sedangkan di kawasan Asia Pasifik, negara sudah mengimplementasikan sistem transaksi tol nirsentuh GNSS ini adalah Australia dan yang dalam waktu dekat akan mengganti sistem transaksi tolnya ke teknologi sistem berbasis satelit tersebut adalah Singapura.

"Sistem (bayar tol tanpa setop) ini telah sukses diterapkan di Hungaria selama lebih dari tujuh tahun terakhir, yang dikelola oleh Hungarian Toll Services Company (NUZS). Pengalaman di hungaria, solusi ini selain memudahkan pengguna jalan karena melalui jalan tol tanpa hambatan juga dapat meningkatkan efisiensi dan pendapatan tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat," kata COO-Chief Operating Officer Roatex Andras Szabo.




#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik