5 Pekerjaan yang memiliki prospek tinggi dan banyak dibutuhkan di era Society 5.0


Jika saat ini kita sedang menghadapi era Industri 4.0, sebentar lagi kita akan menyambut era baru yaitu era Society 5.0.  Dalam era tersebut, masyarakat dituntut untuk bisa berpikir kritis, inovatif, dan kreatif. Untuk menumbuhkan sikap tersebut, dibutuhkan nilai-nilai empati dan toleransi. 

Mengutip unggahan di Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Society 5.0 bertujuan untuk mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik.

Integrasi ini membuat semuanya menjadi lebih mudah dengan menggunakan penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Efeknya bisa membuka peluang kerja yang lebih besar pada masyarakat. 

Merangkum Instagram Ditjen Dikti, berikut lima pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan di Era Society 5.0.

App Developer

Pada era Society 5.0, kebutuhan ahli app developer akan meningkat. Setiap perusahaan sekarang banyak yang meluncurkan aplikasi untuk mempermudah pelanggan. 

Aplikasi yang dibuat tentu harus ramah digunakan dan dipasang di ponsel pintar. Untuk membuat aplikasi yang mumpuni, seorang app developer akan sangat berperan besar. 

Kemampuan yang diperlukan di pekerjaan ini adalah logika pemograman dan kemampuan alogaritma. 

Content Creator

Content creator menjadi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan selanjutnya. Tugas dari seorang content creator adalah membuat iklan yang menarik agar masyarakat tertarik membeli.

Iklan yang diluncurkan bisa dipasang di media sosial, TV, atau di media cetak. Perlu kreativitas agar bisa membuat iklan yang menarik dan membuat penjualan produk meningkat. 

Google merupakan alat pencarian yang paling banyak digunakan masyarakat. Tidak heran jika perusahaan berlomba-lomba membuat website miliknya masuk dalam halaman pertama Google. 

Search Engine Optimisation (SEO) specialist bertugas mengoptimalisasi website agar terdeteksi oleh Google. Mereka akan melakukan pembaharuan informasi di website sesuai dengan alogaritma Google yang selalu berubah. 

Web Developer

Profesi selanjutnya yang menjanjikan di era Society 5.0 adalah web developer.  Sama dengan aplikasi, perusahaan sekarang banyak yang memiliki website. Dengan adanya website, pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi terkait perusahaan. 

Web developer dibutuhkan untuk membuat, memelihara, dan memastikan website selalu prima dan nyaman diakses oleh masyarakat. Untuk menekuni profesi ini, Anda perlu mempelajari front-end, back-end developer, HTML, CSS, dan lain-lain.

Social Media Specialist

Di era Society 5.0, pekerjaan yang banyak dicari perusahaan selanjutnya adalah social media specialist.  Sosial media menjadi media informasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hampir semua orang memiliki akun di berbagai sosial media. 

Seorang social media specialist bertugas mengelola sosial media perusahaan yang biasanya digunakan untuk media iklan. Mereka bertanggung jawab membuat konten tentang produk atau perusahaan dan menganalisa feedback dari warganet.

kontan.co.id