5 Manfaat Konsumsi Jus Wortel Setiap Hari, Cerahkan Kulit hingga Cegah Kanker

Ilustrasi jus wortel. (Sumber Pixabay)
Liputan6.com, Jakarta - Wortel memiliki kandungan gizi yang sangat kaya. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, sayuran berwarna jingga ini juga kaya akan sumber serat, kalium, karotenoid, atau beta karoten, hingga antioksidan yang diperlukan tubuh.
Umumnya, orang akan mengonsumsi wortel dengan mengolahnya menjadi sup, salad, dan lalapan. Namun, ada pula yang mengolah wortel menjadi jus yang menyegarkan.
Mengonsumsi jus wortel secara rutin akan memberikan segudang manfaat bagi tubuh kita. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari Healthline, 5 manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh.
1. Meningkatkan Kesehatan Mata
Manfaat Jus Wortel (sumber: iStockphoto)

Jus wortel mengandung banyak nutrisi, seperti beta karoten yang bermanfaat bagi mata Anda. Pasalnya, tubuh akan mengolah beta karoten menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin ini mampu melindungi mata dari berbagai gangguan seperti katarak, galukoma, dan degenerasi makula. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin pada jus wortel menjadi antioksidan alami yang mampu melindungi retina dan lensa mata.
2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jus wortel. (via: alqabas.com)

Vitamin A dan C yang ada dalam jus wortel berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jus wortel juga kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu respon imun secara optimal.
3. Menjaga Kolesterol
jus wortel/copyright: unsplash/k15

Kandungan kalium dalam jus wortel dipercaya mampu menyeimbangkan kadar garam (natrium) dalam cairan tubuh sehingga tekanan darah akan lebih terkontrol.

Selain itu, jus wortel juga dapat menjadi sumber potassium yang baik. Mengonsumsi jus wortel setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jus apel dan wortel. (via: cuisineaz.com)

Setidaknya terdapat 6 mg vitamin C dalam 100 gram wortel. Vitamin C sendiri memiliki peran penting untuk perbaikan kulit, seperti mencerahkan dan melembutkan. Minum jus wortel setiap hari akan membuat kulit tampak lebih bersih sehingga wajah pun terlihat lebih awet muda. Selain itu, kandungan beta karoten yang terdapat dalam jus wortel mampu mengurangi peradangan kulit, seperti ruam atau psoriasis.
5. Mencegah Kanker
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Africa Studio
Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak wortel yang digunakan selama 72 jam dalam pengobatan sel-sel leukimia dan sel-sel nontumor dapat menginduksi kematian sel dan menghentikan perkembangan penyakit. Hal ini berarti wortel mengandung bahan kimia bioaktif yang efektif untuk mengobati leukimia.

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik