Zoom Bisa Digunakan Lebih dari 40 Menit pada Tahun Baru 2021, Ini Caranya..

Ilustrasi Zoom(Shutterstock/YM Photos)

Penulis Nur Fitriatus Shalihah | Editor Inggried Dwi Wedhaswary KOMPAS.com - Zoom mendukung masyarakat dunia tetap berada di rumah saja selama malam pergantian tahun 2020 menuju 2021. Melansir laman Zoom, pada waktu-waktu tertentu seperti malam tahun baru, Zoom mencabut batas waktu 40 menit penggunaan untuk pengguna akun gratis. "Kami akan mencabut batas 40 menit untuk perayaan liburan," tulis Zoom dalam lamannya. Adapun waktunya mulai dari 10 a.m. ET (22.00 WIB) pada Rabu, 30 Desember 2020, hingga 6 a.m. ET (18.00 WIB) pada Sabtu, 2 Januari 2021. Pengguna yang bisa mendapatkan akses ini tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebelumnya, Zoom membatasi waktu pertemuan virtual pengguna akun gratis hanya 40 menit. Sementara, untuk pengguna akun bisnis bisa menggunakannya dalam waktu lebih lama. Zoom menuliskan, pada tahun baru atau waktu tertentu ini, pengguna akun gratis hanya dapat menikmati penghapusan 40 menit. Akan tetapi, belum bisa menikmati fitur lainnya di Zoom seperti polling, co-host, dan lainnya.

Bagaimana cara menggunakan Zoom?
Anda bisa menggunakan ponsel maupun laptop untuk mengakses Zoom. Pengguna disarankan melakukan update Zoom client miliknya, baik itu di ponsel maupun di PC (laptop/desktop), agar bisa mendapat semua produk dan keamanan terbaru.
Untuk memulai pertemuan virtual dengan Zoom, Anda perlu mendaftar atau membuat akun di Zoom. Jika belum memiliki akun, Anda dapat membuka zoom.us/signup untuk mendaftar. Di laman itu, Anda akan diminta memasukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan e-mail untuk konfirmasi. Setelah itu, Anda diminta meng-klik tautan yang dikirimkan Zoom ke e-mail Anda. Anda perlu mengisi info akun, mengundang kolega, lalu uji coba meeting. Hanya Anda yang perlu membuat jadwal pertemuan di Zoom, sedangkan teman atau keluarga tinggal meng-klik tautan yang Anda buat. Peserta pertemuan virtual yang diperbolehkan adalah 100 orang per pertemuan. Untuk menjadwalkan pertemuan, Anda bisa menuju dahsboard Zoom Anda, lalu pilih menu Schedule a Meeting. Setelah itu, isi topik pertemuan, deskripsi (opsional), waktu pertemuan, durasi, zona waktu, password, dan informasi lain yang diperlukan. Jika sudah memastikan semua info benar, Anda bisa meng-klik "Save" lalu "Copy Invitation". Anda bisa menyebarkan tautan undangan itu ke grup Whatsapp. Penghapusan waktu 40 menit akan berjalan otomatis pada waktu yang sudah ditentukan Zoom.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik