Tetap Produktif, Ini 4 Keterampilan yang Bisa Kamu Kembangkan di Rumah

Hampir memasuki bulan ke sembilan pandemi, rasa suntuk dan penat akibat terlalu lama berada di rumah saja pasti sudah mulai terasa. Apalagi di beberapa wilayah kini sudah memasuki fase adaptasi kebiasaan baru, rasanya gatal sekali ingin jalan-jalan, hangout bersama teman, atau sekadar melepas penat keluar rumah. Apa kamu juga begitu?
Eitss, jangan gegabah dulu. Meski aktivitas di berbagai tempat sudah mulai berangsur normal, namun virus pandemi COVID-19 belum benar-benar hilang, jadi protokol pencegahan virus corona pun harus tetap diterapkan. Salah satunya menghindari kegiatan di luar ruangan bila tidak benar-benar darurat.
Tapi tak usah khawatir, banyak lho, kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan meski di rumah aja. Tidak hanya membuat kita jadi lebih produktif, kegiatan ini mungkin bisa jadi cara untuk mengembangkan skill baru kamu. Yuk, cobain di rumah!

1. Memasak


Berada di rumah saja ternyata membuat kegiatan yang satu ini jadi populer. Ya, demi memastikan makanan yang kita santap terjaga kebersihannya, memasak sendiri di rumah jadi solusinya. Apalagi kini semakin banyak resep mudah nan kekinian yang tersebar di berbagai media sosial seperti Instagram hingga TikTok.
Jadi tidak ada salahnya kan, mencoba masuk ke dapur dan mulai mengulik resep-resep baru yang belum pernah dibuat sebelumnya akibat padatnya rutinitas. Bukan tidak mungkin, kemampuanmu dalam memasak bisa jadi peluang usaha baru untuk menambah penghasilan.

2. Berjualan


Pandemi memang membuat perekonomian dunia terpuruk, bahkan membuat banyak orang terpaksa harus dirumahkan dari pekerjaannya. Tapi di balik itu semua, peluang usaha baru pun banyak bermunculan, salah satunya dengan berjualan secara online.

Meski modal terbatas, kamu juga bisa lho, mulai usaha jualanmu sendiri. Salah satunya dengan ikutan program Kios myIM3 yang dipersembahkan oleh Indosat Ooredoo.
Ya, memahami kondisi masyarakat yang saat ini semakin terbatas dalam beraktivitas, termasuk bekerja, di program Kios myIM3, masyarakat umum dapat mulai bisnisnya dengan berjualan paket internet ataupun pulsa IM3 Ooredoo melalui aplikasi myIM3. Dilakukan secara online, usaha ini juga bisa jadi solusi agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan keuntungan menarik tanpa melanggar protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19.
Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh, mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen Indosat Ooredoo untuk membantu masyarakat agar bisa produktif dan mendapatkan penghasilan di tengah tantangan kondisi ekonomi.

“Kami sangat memahami bahwa saat ini masyarakat ingin mendapatkan peluang agar bisa tetap produktif dalam menghadapi kondisi ekonomi yang menantang. Oleh karena itu, IM3 Ooredoo menghadirkan program Kios myIM3 untuk membuka dan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin dengan mudah memulai sebuah bisnis dengan tetap berada di rumah. Kami percaya program Kios myIM3 akan menjadi langkah awal positif bagi pelanggan untuk membuka jendela usaha baru sehingga membawa berbagai manfaat dan keuntungan yang dapat meringankan di situasi sulit saat ini,” ungkapnya.
Program Kios myIM3 dapat diikuti oleh seluruh pelanggan IM3 Ooredoo. Setelah itu kamu cukup download aplikasi myIM3 dari Google Play Store maupun App Store lalu ikuti petunjuk yang sudah tertera dalam aplikasi.
Sedangkan untuk kamu yang sudah memiliki aplikasi myIM3, dapat langsung melakukan update ke versi terbaru myIM3 agar bisa mengakses fitur Kios myIM3. Tertarik ikutan? Untuk informasi lebih lanjut tentang program Kios myIM3, kamu bisa mengaksesnya di sini atau melalui aplikasi myIM3.

3. Public speaking
Kemampuan berkomunikasi yang baik tentu membuat lawan bicara lebih mengerti maksud dan tujuan dari pembicaraan yang kita sampaikan. Enggak heran, public speaking yang baik bisa jadi poin tambahan yang membuatmu terlihat lebih menarik dan percaya diri, tidak hanya di hadapan teman, namun juga rekan di dunia kerja.
Nah, mumpung punya banyak waktu di rumah, tidak ada salahnya untuk mulai melatih kemampuan public speaking kamu. Kamu bisa mengawalinya dengan berlatih ekspresi dan pembawaan di depan kaca sambil berbicara dalam berbagai intonasi suara. Semakin banyak berlatih, dijamin kamu akan semakin luwes dan lebih percaya diri saat berbincang dengan orang lain.

4. Berbahasa asing


Selainkemampuan berkomunikasi, wawasan tentang bahasa asing juga tak kalah penting. Tidak hanya bisa memperluas relasi dari negara lain, kamu juga akan lebih mudah diterima saat ingin terjun ke dunia kerja internasional.
Di rumah aja, kamu bisa mulai meningkatkan kemampuan bahasa dengan ikutan kelas bahasa yang kini makin banyak tersedia, baik secara gratis atau berbayar. Selain itu, mengasah kemampuan bahasa asing juga bisa dilakukan dengan cara menonton film hingga mendengarkan musik atau podcast sesuai dengan bahasa yang sedang kamu pelajari.

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Indosat Ooredoo


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik