Kisah Bos Alfamart, 'Tak Pernah Cabut' dari Daftar 50 Orang Kaya RI


Pendiri Alfamart, Djoko Susanto masih terus bertahan di daftar 50 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes tahun 2020. Total kekayaan Djoko tercatat sebesar US$ 1,45 miliar atau sekitar Rp 20,52 triliun (kurs Rp 14.100).
Dilansir dari Forbes, Minggu (13/12/2020), pada daftar terbaru ini Djoko ada di urutan ke-19. Peringkat Djoko terus naik dari urutan ke-20 di tahun 2019, dan urutan ke-23 di tahun 2018.

Berdasarkan catatan detikcom, Djoko merupakan anak ke-6 dari 10 bersaudara. Di balik kesuksesannya sebagai bos ritel, ia ternyata tak sempat lulus SMA/SLTA.
Pada umur 17 tahun, Djoko mulai mengelola warung-warung makanan. Dia juga menjajakan rokok dan membuka beberapa warung kelontongan lagi. Kesuksesannya membuka beberapa jaringan warung ini menarik perhatian taipan pengusaha rokok Putera Sampoerna.

Keduanya akhirnya bekerja sama membuka beberapa toko dan supermarket. Ketika Putera Sampoerna menjual bisnis rokoknya ke Philip Morris, Djoko fokus mengembangkan bisnis ritelnya.
Alfamart yang kini menjamur di berbagai daerah. Alfamart memiliki lebih dari 16.000 cabang di seluruh Indonesia.
Alfamart yang berada di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk itu kini berada di bawah pengawasan kedua anak Djoko yakni Feny Djoko Susanto sebagai Presiden Komisaris, dan Budi Djoko Susanto sebagai Komisaris.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik