5 Kiat Mencegah Mobil Terbakar


Mungkin Anda pernah melihat kejadian mobil kebakar di jalanan. Lalu bagaimana caranya mencegah mobil terbakar? Simak informasinya dari tips di bawah ini.Musibah mobil terbakar bisa terjadi pada setiap pemilik kendaraan roda empat. Walaupun masih jarang terjadi, sebaiknya Anda sebagai pemilik kendaraan harus tetap waspada akan masalah yang satu ini.

Sebenarnya apa penyebab mobil bisa terbakar? Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut beberapa tips mencegah mobil terbakar.



Cek ruang mesin kendaraan pastikan tidak ada kain yang tertinggal setelah dibersihkan.
Umumnya semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba dari sisi kenyamanan, keselamatan, tenaga, dan kecepatan sesuai jenis kendaraan. Pemasangan/penempatan dan kapasitas komponen kelistrikan pun didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak terjadi hubungan pendek arus listrik yang dapat menyebabkan mobil terbakar.

Menurut Riecky Patrayudha, (4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales) ada beberapa kiat untuk mencegah mobil terbakar akibat kelalaian pengguna, di antaranya:

1. Selalu cek ruang mesin kendaraan
Saat ini sedang membersihkan ruang mesin mobil menggunakan lap kain atau material lainnya pastikan tidak ada yang tertinggal atau jatuh ke arah knalpot. Karena hal ini bisa berbahaya bisa berpotensi menimbulkan kebakaran. Maka dari itu selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

2. Pastikan tutup oli terpasang rapat
Kebakaran juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli dikarenakan tutup oli tidak terpasang dengan benar. Mengapa ini bisa terjadi? karena saat mesin tengah hidup, cipratan oil yang keluar dari lubang pengisian oli berpotensi menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api.

3. Tidak meninggalkan powerbank yang masih terpasang di soket pengisian
Saat Anda ingin keluar dari mobil dengan waktu yang lama sebaiknya tidak membiarkan mengisi daya powerbank melalui soket mobil. Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan konsleting pada baterai dan berpotensi meledak.

4. Hati-hati saat menyimpan korek api ke dalam kendaraan
Tanpa disadari, terkadang kita membawa korek api gas dan menyimpannya di dalam kendaraan seperti di dasbor atau laci. Apabila terjadi guncangan atau suhu di dalam kendaraan panas, korek api menjadi mudah meledak.


5. Pastikan menempatkan mobil jauh dari bahan yang mudah terbakar
Hindari menempatkan mobil saat mesin hidup di dekat benda yang mudah terbakar, seperti ranting, sampah, kertas, dan plastik. Apabila benda-benda tersebut menempel ke knalpot, kendaraan dapat berpotensi terbakar tiba-tiba.



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik