Simak 4 Nasihat Keuangan untuk Hadapi 2021

Tips menghemat pengeluaran ini menjadi wajib diterapkan, terutama bagi Anda yang sedang mengumpulkan uang muka untuk membeli rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus virus Covid-19 yang masih meningkat sehingga menandakan bahwa negara masih jauh dari kata pulih. 

Pandemi Covid-19 telah mengubah tujuan dan kebbeasan finansial banyak orang. Dengan tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan dan pengurangan jam kerja.

Banyak ketidakpastian yang terjadi, takut untuk mengambil keputusan karena jika salah maka dapat masuk ke lobang yang salah.

Mengutip dari CNBC, Minggu (15/11/2020) berikut adalah 4 nasihat yang diberikan pakar keuangan kepada klien mereka untuk membantu menghadapi tahun 2021

1. Jangan Berhenti Berinvestasi

Jangan berhenti untuk berinvestasi jika masih mampu melakukannya dan tetap menabung jika memiliki dana. Lihat kembali selama 8 bulan terakhir pengeluaran tidak penting apa yang Anda keluarkan sehingga dapat membuangnya jika tidak diperlukan kembali. Prioritaskan apa yang membuat Anda merasa paling nyaman.

Tips Keuangan. Dok Unsplash


2. Fokus pada Apa yang Bisa Anda Kendalikan

Mulailah dengan memastikan semua tagihan termasuk pembayaran sewa atau hipotek dan utilitas dibayar otomatis.

Selain itu pastikan juga bahwa perencanaan akhir hidup Anda sudah sesuai dengan apa yang diinginkan.

3. Pikirkan Kembali Keputusan yang Mendadak

Di situasi seperti ini, Anda harus memikirkan semua langkah yang akan dilakukan, jangan tergesa-gesa sehingga mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

4. Carilah Peluang

Meskipun memangkas pengeluaran tidak akan menyelesaikan setiap masalah keuangan, namun sekarang adalah kesempatan untuk memikirkan kembali pengeluaran dan mengalihkannya ke prioritas yang baru.

Kategori termudah dalam anggaran untuk membuat perubahan adalah seperti makan di luar, perjalanan dan pengeluaran untuk anak.


lpt6

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik