Pinjol Tembus Rp128,7 T, Jokowi Sebut Luar Biasa


Jakarta, CNN Indonesia -- 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan industri pinjaman online (pinjol) telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp128,7 triliun per September 2020. Angka itu naik 113 persen dibandingkan dengan September 2019 lalu.

Jokowi menyatakan terdapat 89 penyelenggara pinjol yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka berkontribusi Rp9,87 triliun pada transaksi layanan jasa keuangan.

"Lalu Rp15,5 triliun disalurkan penyelenggaraan financial technology equity crowdfunding berizin. Hal ini merupakan perkembangan yang luar biasa," tutur Jokowi dalam Pekan Fintech Nasional 2020, Rabu (11/11).

Meski sudah tinggi, tapi Jokowi menyatakan pemerintah masih punya pekerjaan rumah yang cukup menantang dalam mengembangkan teknologi digital di sektor keuangan. Sebab, indeks inklusi keuangan Indonesia baru 76 persen.

"Angkanya lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain di ASEAN," imbuh Jokowi.

Ia mencontohkan indeks inklusi keuangan di Singapura sebesar 98 persen, Malaysia 85 persen, dan Thailand 82 persen. Hal ini membuktikan bahwa jumlah masyarakat yang menjadi nasabah atau pengguna jasa keuangan di Indonesia masih jauh lebih rendah dari negara-negara di ASEAN.

Sementara, tingkat literasi keuangan digital di Indonesia juga masih rendah yakni 35,5 persen. Kemudian, hanya 31,26 persen masyarakat yang pernah menggunakan layanan keuangan digital.

"Masih banyak masyarakat yang menggunakan layanan keuangan informal," kata Jokowi.

Untuk itu, ia berharap seluruh perusahaan sektor keuangan digital melakukan inovasi demi menarik minat masyarakat menggunakan layanan keuangan digital. Jokowi minta pelaku usaha pinjol tak hanya menyalurkan pembiayaan dan pembayaran online saja, tapi juga berkontribusi dalam meningkatkan literasi keuangan digital di Indonesia.

"Para inovator financial technology (pinjol) juga harus mengembangkan diri secara terus-menerus untuk menjalankan fungsi agregator, credit scoring, dan memberikan layanan equity crowd funding," jelas Jokowi.

cnn Indonesia



#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik