Peneliti Temukan Exoplanet di Galaksi Bima Sakti, Lebih Kecil dari Bumi


PENELITI menemukan planet misterius atau exoplanet di Galaksi Bima Sakti. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Bumi. Planet ekstrasurya itu kemungkinan memiliki massa yang mirip dengan Mars.


"Penemuan kami menunjukkan bahwa planet itu mengambang bebas dengan massa yang rendah. Pengamatannya menggunakan teleskop Bumi," kata Profesor Andrzej Udalski, penulis penelitian ini, seperti dikutip dari Fox News , Rabu (4/11/2020).


Lebih dari 4.000 exoplanet ditemukan oleh NASA, sebagian besar menggunakan metode transit. Sekira 50 dari planet tersebut diyakini berpotensi dihuni, karena memiliki ukuran dan orbit yang tepat dari bintangnya untuk mendukung adanya kehidupan.


Pengamatan transit memungkinkan para astronom melihat sebuah bintang dan melihatnya redup karena objek lain telah melintas di depannya. Jenis pengamatan ini akan diperluas ketika NASA meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb pada Oktober 2021.


Teknik lain yang digunakan peneliti dalam penemuan terbaru ini adalah pelensaan mikrogravitasi. Ini memungkinkan para ahli melihat adanya objek yang melintas di depannya.


Objek latar depan bertindak sebagai lensa, membengkokkan dan memperbesar cahaya untuk mengungkapkan ciri-ciri tertentu tentang objek yang ada di latar belakang.


Pada Agustus lalu, sekelompok peneliti mengungkapkan bahwa mungkin ada lebih banyak exoplanet daripada jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti.

Okezone

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik