Kasus Maybank Dinilai Rusak Kepercayaan Masyarakat ke Bank


Jakarta, CNN Indonesia -- 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai  kasus dugaan hilangnya saldo Rp22 miliar nasabah PT Maybank Indonesia Tbk merusak kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan.

Bercermin dari kasus ini, Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mempertanyakan kredibilitas perbankan dalam menjaga dan melindungi dana masyarakat.

"Bank sebagai bisnis yang dasarnya adalah kepercayaan, ternyata ini merusak kepercayaan masyarakat kepada bank itu sendiri. Di mana tujuan kita (masyarakat) menyimpan uang di bank itu aman, syukur-syukur dapat bunga," katanya seperti dikutip dari video wawancara dengan Metro TV yang diunggah akun Youtube metrotvnews, Rabu (11/11).

Tulus menilai kasus di mana masyarakat dirugikan oleh perbankan bukan pertama kalinya terjadi. Berulangnya kasus serupa membuatnya mempertanyakan efektivitas pengawasan oleh OJK sebagai regulator.

Kejadian ini, katanya, menunjukkan lemahnya pengawasan OJK terhadap industri keuangan sehingga ia menilai perlu dilakukan evaluasi.

Oleh karena itu, ia meminta OJK untuk segera melakukan mediasi untuk mencarikan solusi konkret bagi kedua pihak. Mediasi, lanjutnya, dapat dilakukan paralel dengan aspek pidana yang ditangani Mabes Polri.

"Konsumen berhak mendapatkan penyelesaian sengketa secara patut dan adil sebagaimana dijamin oleh UU Perlindungan Konsumen, dan UU sektoral lainnya. OJK seharusnya 'gercep' (gerak cepat), untuk menyelesaikan kasus ini," kata dia

Selain itu, Tulus juga mendesak Mabes Polri untuk mempercepat proses penyidikan sehingga jelas duduk persoalannya dan pihak mana yang harus bertanggungjawab. Termasuk, tanggung jawab korporasi Maybank pada nasabahnya.

Terakhir, dia meminta kasus ini tidak dilokalisir sebagai kasus individual (oknum) perbankan belaka. Hal ini, lanjutnya, harus dilihat sebagai kasus yang sistemik dan komprehensif terkait masih rentannya keandalan perlindungan sistem perbankan di Indonesia untuk melindungi konsumen sebagai nasabah bank.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201111121508-78-568468/kasus-maybank-dinilai-rusak-kepercayaan-masyarakat-ke-bank

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik