DEBAT PUBLIK : Pasangan Qosim-Alif Pertegas Program Kerja Dengan Jawaban Mengalir Dan Terarah


Debat pertama Cabup-Cawabup Gresik 2021-2025 sudah berlangsung Jumat (20/11/2020) malam yang disiarkan secara langsung di televisi. Dalam debat dengan tema 'Menyelesaikan persoalan daerah meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat' itu, Pasangan Qosim-Alif kembali mempertegas program kerja yang disampaikan selama kampanye. 


Pernyataan dan jawaban atas pertanyaan yang yang disampaikan di hadapan empat panelis mengalir dari Pak Qosim maupun Dokter Alif. Keempat panelis itu masing-masing Dosen UINSA Surabaya Achmad Room Fitriyanto, SE, MEI, MA, Ph.D, Dosen Universitas Brawijaya (UB) Malang Ir Moh Solichin, MT. Ph.D, Dosen UNESA Dr Agus Machfud Fauzi, M.Si Dosen UMG Gresik Anwar Hariyono, M.Si dan Dr Eko Budi Leksono, MT.


Pasangan calon (Paslon) M.Qosim-Alif (QA) memaparkan pentingnya industri di Gresik, dan lingkungan berjalan secara harmonis.  Kemudian peningkatakan kesejahteraan masyarakat, pelayanan kesehatan, pemberian insentif bagi guru, pembinaan dan pemberdayaan UMKM, pembinaan  kepada generasi milenial.


Menurut Cabup M.Qosim keberadaan industri secara tidak langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kendati demikian, lingkungan di sekitar industri tak boleh dihilangkan. Karena itu, industri dan lingkungan sama-sama berjalan dengan mengkedepankan kearifan lokal.


"Pelaku industri wajib memperhatikan lingkungan sekitar. Untuk itu, terkait dengan ini jika terpilih sebagai pemimpin Gresik lima tahun kedepan akan dibuat regulasi bagaimana pertumbuhan industri tetap jalan. Tapi juga memperhatikan lingkungan," ujarnya, Jumat (20/11/2020).


Selain industri dan lingkungan, Paslon dengan nomor urut 1 itu juga menyoroti pentingnya sektor kesehatan. Hal ini karena masih ada 24 persen masyarakat setempat yang belum tercover di BPJS Kesehatan. "Ini yang kami dorong jika kami terpilih. Sebab, persoalan kesehatan hal utama untuk meningkatkan ekonomi," kata M.Qosim.


Sementara Cawabup Dokter Alif menuturkan, mengenai ekonomi akan didorong dengan melakukan pengentasan pengangguran, hal itu dilakukan dengan kerja sama semua pihak. "Disini kami punya kartu UMKM bangkit dan Pemuda Bangkit. Dengan begitu bisa memperdayakan masyarakat sehingga persoalan pengangguran di Gresik bisa diminimalisir," tandasnya.


Kekompakan dan ketepatan pasangan Qosim-Alif dalam mengikuti debat juga diiringi dengan gestur tubuh dan gaya komunikasi yang lebih rilek tidak tegang namun serius. Bahkan di akhir sesi debat, keduanya masih sempat melemparkan joke. "Kalau Pak Qosim biasanya pandai bersalawat di setiap kampanye, maka saya biasanya tareeekkk sisssss," seloroh Dokter Alif.


Lantas  joke itu dijawab Pak Qosim secara spontan dengan kata "Semongkooo," diikuti senyum hadirin yang ada di Studio JTV dan pemirsa televisi.


Gerbangnusa


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik