Trik Jitu Hemat Bensin Saat Bepergian Pakai Mobil, Wajib Tahu


Meski mampu membeli, banyak pemilik kendaraan yang masih memikirkan biaya untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM). Tak heran, jika banyak yang mencari cara untuk menghematnya.


Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), Sony Susmana mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan pengemudi untuk menerapkan Eco Driving kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik


berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.


Untuk mobil-mobil baru, kata dia, bisa memanfaatkan fitur ECO Drive yang disiapkan oleh pabrikan. Selain itu, sebelum memulai perjalanan pengemudi disarankan untuk menyiapkan rute untuk menuju tujuan, dan jika butuh memanaskan mesin cukup 1 menit saja.


"Berkendara sehalus mungkin dan mejaga kecepatan sekitar 60 sampai 80 kilometer per jam di putaran mesin 2.000rpm," ujarnya seperti siaran pers Daihatsu Sharing Tips Eco Driving.


Cara lain yang bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar, kata Sony, menjaga jarak aman dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi. Atur juga suhu AC ideal di kabin, dan jangan lupa matikan mesin dan buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit.


"Tentunya melakukan perawatan kendaraan secara berkala dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan juga bisa mendukung irit BBM ," paparnya.


Selain itu, pemilihan jenis ban mobil bukan hanya mendukung kenyamanan dan keamanan ketika berkendara, tetapi juga menjadi faktor pendukung Eco Driving. Ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah.

Viva

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik