Seluruh Klub Sepakat Kompetisi Dimulai November


SELURUH klub Liga 1 sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November mendatang.


Kepastian itu didapat setelah klub mengikuti pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta, kemarin. Ada tiga poin penting dalam keputusan melanjutkan kompetisi musim 2020 yang dihentikan sementara karena adanya covid-19.


Poin pertama disebutkan, klub mengapresiasi atensi Presiden Joko Widodo yang telah mendukung percepatan pembangunan sepak bola nasional. ‘Klub sepakat kompetisi ini dilanjutkan dengan tujuan untuk kepentingan timnas ke depan agar bisa bersaing pada perhelatan Piala Dunia U-20 2021’, isi poin kedua.


Untuk poin ketiga, tertulis, pelanjutan kompetisi bisa menghidupkan sektor ekonomi, antara lain sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan akan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam penyebaran covid-19.


‘Klub sepakat untuk dilanjutkannya kompetisi pada 1 November 2020 dengan semangat memajukan sepak bola nasional’, lanjut isi kesepakatan itu. Sebelumnya, PSSI dan PT LIB menunda lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 akibat tidak mendapat izin keramaian dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena penyebaran covid-19 di Indonesia masih mengkhawatirkan. Awalnya, Liga 1 2020 digelar pada 1 Oktober 2020.


Liga 2 dijadwalkan hadir pada 17 Oktober mendatang. Sementara itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menilai timnya mengalami penurunan motivasi saat menjalani sesi latihan bersama imbas dari penundaan kompetisi Liga 1.


“Kami melihat game internal Sabtu (10/10) kemarin, kualitas pertandingan ada penurunan. Intensitas menurun, termasuk juga motivasi, karena sekali lagi, kami harus mengulang program persiapan kembali,” kata Robert dikutip dari laman resmi klub, kemarin.


Tim berjuluk ‘Maung Bandung’ itu menjadi salah satu klub yang kecewa atas penundaan kompetisi. Keputusan itu hadir secara tiba-tiba saat semua tim telah bersiap menghadapi kompetisi. Segala persiapan telah dilakukan termasuk pengecekan kondisi kesehatan tim melalui swab test. Mereka juga memperjuangkan para pemain asing supaya bisa kembali ke Indonesia.

MediaIndonesia

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik