Pulihkan Ekonomi dari Covid-19, Negara G20 Diminta Lakukan 4 Hal Ini


39 walikota dan pemimpin kota dunia lainnya mendukung 27 poin Urban 20 (U20) Komunike. Hasil Komunike ini diserahkan kepada G20 pada hari terakhir KTT Walikota Urban 20 (U20) yang diadakan secara virtual di Riyadh.

Kota-kota pendukung itu di antaranya Barcelona, ​​Berlin, Buenos Aires, London, Los Angeles, Madrid, Montreal, Osaka, Paris, Roma, Seoul, dan Tokyo

Ketika kota-kota di dunia berusaha pulih dari pandemi virus corona (COVID-19) secara berkelanjutan, inklusif, komitmen, permintaan dan rekomendasi kebijakan yang disajikan kepada para pemimpin dunia Urban 20 (U20) Komunike akan memainkan peran sentral dalam revitalisasi dan penataan ulang ruang kota.

Dengan konteks bahwa lebih dari 68% populasi dunia akan tinggal di kota pada tahun 2050, 27 poin Komunike U20 menekankan keharusan kategori bagi negara-negara anggota G20 untuk memastikan bahwa pemerintah nasional harus berinvestasi secara langsung di kota-kota sebagai mesin pemulihan.
Komunike juga mencakup seruan kepada G20 untuk berkomitmen dan menanggapi segera ke darurat iklim dengan secara substansial mengurangi emisi gas rumah kaca untuk menghasilkan pengurangan global 50% yang dibutuhkan pada tahun 2030 dan mencapai netralitas karbon selambat-lambatnya tahun 2050 Lebih lanjut, Komunike meminta para kepala negara dan pemerintahan G20 untuk bekerja sama dalam empat bidang utama seperti dilansir keterangan resmi Urban 20 Riyadh, Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

1. Bermitra dengan berinvestasi dalam pemulihan ekonomi hijau dan pasca COVID-19

Kota U20 meminta G20 untuk merancang pendanaan stimulus hijau, dukungan perusahaan, dan dana pemulihan lainnya untuk mendukung pengembangan masyarakat yang tahan iklim dan inklusif dan memastikan pendanaan ini mencapai tingkat teritorial dan tercermin dalam pinjaman Lembaga Keuangan Internasional (IFI) .

2. Lindungi Bumi melalui kolaborasi nasional & lokal

Kota-kota U20 menyerukan kepada para pemimpin G20 untuk bekerja sama dengan kota-kota untuk segera menanggapi keadaan darurat iklim dengan mengurangi emisi GRK secara substansial dengan tujuan untuk secara kolektif memberikan 50% pengurangan global yang dibutuhkan pada tahun 2030 dan mencapai netralitas karbon paling lambat tahun 2050, sejalan dengan tujuan Paris Agreement.

3. Mempercepat Transisi ke Circular, Carbon-neutral Economy

Kota-kota U20 menyerukan kepada G20 untuk mengembangkan lingkungan yang memungkinkan untuk mendorong ekonomi sirkuler dan penerapan 4R (mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang, dan memulihkan), meningkatkan kapasitas keuangan pemerintah daerah dalam mengadopsi inisiatif ekonomi melingkar serta mempromosikan penelitian dan peningkatan kapasitas pada penggunaan sumber daya, dan, dengan fokus khusus pada mobilitas, berinvestasi dalam sistem mobilitas berkualitas netral karbon untuk mendukung angkutan massal nol emisi yang berkelanjutan dan terjangkau.

4. Berdayakan Orang untuk Memberikan Masa Depan yang Lebih Setara & Inklusif

Kota U20 meminta para pemimpin G20 untuk menangani jaring pengaman dan perlindungan sosial perkotaan yang adil, pertumbuhan sistem untuk memastikan perumahan yang terjangkau dan dapat diakses, pendidikan yang setara dan berkualitas serta peluang kerja untuk semua, perlindungan semua wanita dari ketidaksetaraan dan kekerasan, dan penghapusan sosial ekonomi perbedaan antara kelompok etnis yang berbeda.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik