Pilih Jadi Test Rider, Dovizioso Bakal Gabung Yamaha atau Honda?


Balapan MotoGP 2020 tinggal menyisakan tiga seri lagi. Hal tersebut membuat kompetisi akan segera berakhir dan musim 2021 kini tengah di depan mata.


Tentunya hampir semua tim sudah menentukan para pembalap mereka untuk mengarungi MotoGP 2021. Sayangnya, ada satu rider top yang sampai saat ini masih belum memiliki tim yang akan dibelanya pada musim depan.


Pembalap yang dimaksud jelas adalah Andrea Dovizioso. Rider asal Italia itu sudah memutuskan untuk pergi meninggalkan Ducati, tim yang sudah dibelanya sejak 2013 silam.


Keputusan yang diambil Dovizioso itu sayangnya kurang tepat karena kebanyakan tim pada saat itu sudah menentukan pembalap-pembalap mereka untuk 2021. Alhasil, Dovizioso pergi dari Ducati dengan tanpa mengetahui tim mana yang akan dibelanya.


Satu-satunya peluang mungkin adalah Aprilia Gresini yang bakal kehilangan Andrea Iannone. Negosiasi pun sudah terjadi, namun kata sepakat nyatanya sulit tercapai. Jadi, peluang terbesar Dovizioso agar tetap berada di MotoGP adalah menjadi test rider.


Sebelum-sebelumnya Dovizioso pun sudah mengaku cukup tertarik untuk menjadi pembalap pengembang. Ia merasa MotoGP 2021 ia bakal mencoba profesi baru tersebut. Namun, dengan catatan ia berpeluang menjadi rider reguler di timnya itu pada 2022.


Lantas tim mana kira-kira yang bakal dibela Dovizioso sebagai rider pengembang itu? Menurut laporan dari GPOne, Sabtu (31/10/2020), Dovizioso memiliki dua opsi tim yang bisa dibelanya sebagai pembalap tes.


Kedua tim itu adalah Honda dan Yamaha. Untuk masalah Honda, sebenarnya Dovizioso bisa saja menjadi rider tes di tim tersebut lantaran kedua belah pihak pernah saling bekerja sama.


Akan tetapi, Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig dikabarkan tak terlalu menyukai Dovizioso. Lagipula Honda sudah menentukan dua rider mereka di MotoGP 2022, yakni Marc Marquez dan Pol Espargaro.


Jadi, peluang Dovizioso untuk menjadi rider regular di MotoGP 2020 takkan terjadi di Honda, begitu pun di Yamaha. Namun, jika di Yamaha Dovizioso bisa saja tampil di tim satelit mereka, yakni Petronas Yamaha SRT.


Valentino Rossi yang hanya dikontrak setahun oleh Petronas bisa menjadi jalan bagi Dovizioso untuk masuk ke rider reguler pada MotoGP 2022. Rossi pun mengaku senang jika nantinya Dovizioso bakal menjadi tes rider dari Yamaha.


Sebab Rossi mengetahui betapa hebatnya Dovizioso ketika balapan. Jadi, bisa dikatakan peluang Dovizioso jadi pembalap tes Yamaha sedikit lebih besar ketimbang di Honda.

Okezone

#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik