Manfaat Tanaman Hias, Membersihkan Udara dari Racun dan Kesehatan Mental


Selain menjadi hobi yang menyenangkan ternyata merawat tanaman hias juga memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan.


Warna alami tanaman hias, terutama warna hijau mampu membuat suasana ruangan jadi lebih hidup dan segar. Tanaman hias juga cocok diletakkan di mana saja, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga ruang tidur.


Tanaman hias merupakan penghasil oksigen dan bisa menyerap karbon dioksida dari lingkungan sekitarnya.


Kemampuan tanaman hias ini berkebalikan dengan sistem pernapasan manusia yang menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.


Selain penghasil oksigen ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa membantu membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker, hingga gangguan pernapasan.


Misalnya, tanaman Lili Paris dan Sansevieria atau lidah mertua. Kedua tanaman ini bisa membantu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furniture.


Kemudian ada tanaman sirih gading yang mampu menghilangkan racun, seperti benzene, xylene, formaldehida, dan karbon monoksida.


Kemampuan menyerap polusi dan membersihkan udara pada tanaman hias itu ternyata juga mampu menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Hal ini terjadi karena tanaman hias akan melepaskan uap air ke udara yang bisa menjaga tingkat kelembapan dalam ruangan sebanyak 30-20 persen.


Untuk Kesehatan Mental


Selain memiliki banyak manfaat untuk lingkungan, kehadiran tanaman hias di rumah pun bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.


Aktivitas menanam dan merawat tanaman secara rutin ternyata mampu membantu meningkatkan suasana hati, meringankan stres, dan lebih fokus pada kehidupan saat ini.


Menariknya, aktivitas merawat tanaman tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan manusia saja. Tanaman yang dirawat pun dapat tumbuh lebih baik sehingga bisa terus memberikan manfaat bagi manusia.


Keberadaan tanaman di tempat tinggal pun dapat memberikan efek relaksasi secara menyeluruh. Masih dari laman yang sama, orang-orang yang kesehariannya dikelilingi tanaman hias ternyata mengalami peningkatan mood menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Lebih lanjut, studi dari Universitas Exeter, Inggris tahun 2014 menunjukkan, tanaman hias yang diletakkan dalam ruangan kantor mampu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi pekerja hingga 15 persen. Selain itu, tanaman juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan fokus seseorang.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik