Mana yang Lebih Sukses, Orang Ekstrovert atau Introvert?


Kerap kali orang-orang berasumsi bahwa ekstrovert identik dengan kesan outgoing, heboh dan enggak jaim sedangkan introvert sama dengan pemalu dan tertutup. Asumsi ini sebenarnya enggak salah, tapi juga enggak sepenuhnya benar.

Karena, jika ditarik kembali ke pengertian dari Carl Jung, perbedaan antara kedua orang yang ekstrovert dan introvert, terletak pada dari mana  mereka memperoleh energi. Apakah dengan berkumpul bersama orang-orang (ekstrovert) atau justru menyepi dan mencari keheningan (introvert). 
Nah, di dunia kerja, karakter ini tentunya akan sedikit banyak berpengaruh terhadap cara kerja seseorang. Dengan mengenali karakter diri sendiri, kamu bisa fokus pada kelebihan yang kamu miliki alih-alih ingin berubah menjadi pribadi yang enggak kamu banget.

Berikut 3 kelebihan masing-masing karakter supaya kamu makin paham dan bisa memaksimalkannya untuk kesuksesan kariermu seperti dikutip dari Tunaiku:

Introvert
1. Fokus dan enggak gampang terdistraksi
Karena memang terbiasa mandiri, introvert justru bekerja dengan lebih baik sebagai single fighter atau seenggaknya dalam grup kecil.  Untuk pekerjaan yang rumit dan detail, introvert bisa dengan mudah menghadapinya.

2. Pendengar yang baik dan observan
Alih-alih langsung merespons, introvert akan terlebih dahulu mencerna masalah yang sedang dihadapi. Lantas, mengutarakan solusinya dengan penjelasan yang pasti dan rinci. Selain itu, karena mereka dikenal sebagai pendengar sekaligus pengamat yang baik, introvert cenderung memiliki social intelligent yang tinggi.

3. Pendiam namun pemberi solusi dan imajinatif
Sehari-harinya, introvert memang jarang bersuara. Bukan karena takut ya, tapi memang enggak suka membuang-buang energi untuk hal-hal yang mereka anggap enggak berbobot.
Terlihat diam saat meeting, bukan karena ngantuk, kok. Tapi justru sedang mengola informasi dan bersiap untuk memuntahkan ide-ide yang memberikan solusi dan imajinatif!

Ekstrovert 

1. Gemar berinteraksi
Karena pada dasarnya mereka memang menikmati interaksi dengan orang lain, extrovert cenderung pandai menjalin hubungan dengan rekan kerja ataupun klien.
Saat menghadapi suatu project, mereka bisa beradaptasi atas lingkungan dan anggota tim dengan cepat. Karena keluwesannya inilah ekstrovert pandai mengambil hati dan dikenal sebagai people person.

2. Antusias dan spontan
Ekstrovert enggak segan mengiyakan semua tantangan yang dilemparkan. Memang sih, terkadang karakternya yang berani mengambil risiko terkesan impulsif. Tapi, justru karena inilah ekstrovert dipandang sebagai individu yang penuh kejutan dan inspiratif!

3. Percaya diri dan berani tampil
Bagi para ekstrovert, sama sekali enggak masalah untuk maju ke depan panggung dan menyapa orang-orang. Mereka justru menyenangi dan menikmati perhatian dan tatapan mata yang hadir. 
Bermodalkan percaya dirinya inilah orang-orang serta merta fokus dengan setiap kata yang ia keluarkan.  

Nah, setelah ulasan di atas, kira-kira kamu bisa enggak nih menilai di mana kelebihanmu?

#GresikBaik
#InfoGresik
#Gusfik