Kredit Bisa DP Nol Persen, Harga Motor Listrik Paling Murah Rp 8,5 Juta

Motor listrik semakin terasa spesial usai Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan baru. BI membebaskan uang pangkal alias down payment (DP) kredit untuk pembelian kendaraan listrik. Berikut kami informasikan daftar harga motor listrik.
Beleid tersebut tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 22/13/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI No. 20/8/2018 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka).

Jenis kendaraan yang boleh diterapkan DP 0% dalam aturan ini adalah kendaraan bermotor ramah lingkungan. Yakni kendaraan bermotor berbasis baterai, alias mobil atau motor listrik.

1. Gesits

Gesits, menjadi salah satu motor listrik yang mulai terlihat wara-wiri di jalanan Jakarta, salah satunya dipesan borongan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dalam situs resminya, motor ini mampu mencapai jarak 50 km untuk single baterai, dan 100 km untuk penggunaan dua baterai. PT Gesits Technologies Indo (GTI) saat ini punya banderol Rp 27,5 juta dan sudah bisa dibeli melalui situs e-commerce Tokopedia.

2. Selis
Selis diketahui merupakan salah satu merek yang fokus pada sepeda bertenaga listrik. Di tengah mulai ramainya industri mengarah ke kendaraan listrik, Selis pun mencoba peruntungan dengan turut bersaing di pasar yang masih baru ini.

Selis menjadi pabrikan yang memiliki beragam model bahkan bentuknya ada yang menyerupai skuter matic berbasis tenaga konvensional, yakni Agats yang mampu menempuh jarak hingga 50 km untuk sekali pengisian baterai. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 13,5 juta - Rp 19,9 juta.

Berikut ini harga motor lstrik Selis:

- Eagle Prix Rp 11,5 juta
- Selis Gajah Rp 13,8 juta
- Selis Badak Rp 14,1 juta
- Neo Scootic Rp 14,1 juta
- Jalak Pro Rp 18 juta
- E- Max Rp 15,5 juta
- Eagle X-tra R3 Rp 20,8 juta
- Asgats Rp 19,9 juta

3. Viar

Selain Selis, ada Q1 dari PT Triangle Motorindo, mengutip dari beberapa situs e-commerce di Indonesia, Viar Q1 saat ini dibanderol Rp 18 jutaan. Motor ini memakai baterai Lithium-ion berkapasitas 2 kWh, dengan kemampuan jarak tempuh mencapai 60 km. Untuk sekali pengisian daya dari kosong hingga penuh Viar Q1 membutuhkan waktu antara 5 sampai 7 jam.

4. Ecgo 2

PT Green City Traffic (ECGO) sudah merilis Ecgo 2 setahun yang lalu. Motor listrik ini punya banderol paling murah dari merek lainnya.

Disitat dalam website resminya Ecgo 2 dibanderol Rp 8,5 juta. Tidak disebut jantung mekanisnya, tetapi Ecgo 2 bisa menjangkau kecepatan 60 km/jam dan daya tempuh baterai mencapai 70 km.

Uniknya, ECGO Bike menawarkan konsep 'sewa baterai' kepada para pelanggan ECGO-2. Jadi setiap pemilik Ecgo-2 akan menyewa baterai setiap bulannya.

Biaya sewa baterai adalah Rp95.000,00 per 30 hari atau per 1.000 km. Baterai akan berada dalam status 'aktif': dapat diisi daya (charge) dan dapat digunakan selama 30 hari atau hingga baterai digunakan untuk menempuh jarak 1.000 km.

5. BF Goodrich

Ada pula motor listrik buatan Semarang, Jawa Tengah, yang mengusung nama Goodrich. Perusahaan sepeda dan motor listrik ini telah berdiri sejak tahun 2018 dan telah mulai memasarkan 3 model motor listrik sejak kuartal pertama tahun 2019.

Disitat laman resmi Goodrich, pabrikan ini menawarkan beragam model motor listrik mulai dari bergaya skuter bernama BF Bee dan BF Q. Keduanya dibanderol off the road Rp 13.200.000. Model lainnya bergaya klasik cafe racer bernama BF CG dengan harga off the road Rp 19.800.000.

#GresikBaik
#Infogresik
#Gusfik