Jokowi Ajak Anak Muda Tak Usah Malu Bertani, Kamu Siap?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan harapannya kepada kalangan anak muda agar tidak malu maupun gengsi untuk menjadi seorang petani di masa depan.
Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat menutup pagelaran Young Organic Festival 2020, seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (30/10/2020). Ajang ini menghadirkan para petani muda dari berbagai pelosok.
"Saya berharap keberadaan forum ini dapat mengajak lebih banyak anak muda untuk kembali bertani. Tidak malu, tidak gengsi, tapi sebaliknya bangga dan bersemangat," kata Jokowi.
Jokowi mengaku cukup optimistis kehadiran para petani muda tidak hanya meregenerasi para petani, melainkan dapat meningkatkan nilai tukar kesejahteraan petani maupun mendorong peningkatan kebutuhan pangan.
"Saya optimis semakin banyak anak muda Indonesia yang menjadi petani maka kita tidak perlu impor pangan lagi, bahkan bisa ekspor. Kita bisa penuhi kebutuhan pangan sendiri secara berdikari," katanya.
Kehadiran para petani muda, sambung Jokowi, diharapkan dapat memunculkan berbagai inisiatif di sektor pertanian di masa depan. Pemerintah berharap, suatu saat pertanian bisa menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi.
"Ini adalah pertanian masa depan, peluang masih sangat besar. Di tengah pesatnya trend hidup kembali ke alam, pada saat masyarakat semakin peduli pada kesehatan dengan memilih bahan pangan sehat dan aman, peluang ini harus dimanfaatkan," jelasnya. 


#GresikBaik
#InfoGresik
#Gusfik