Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Lilin Aromaterapi




Ketika kita sedang mengalami gangguan sulit tidur, biasanya sebagian orang akan menggunakan lilin aromaterapi sebagai penghantar tidur. Selain sebagai sumber penerangan, lilin aromaterapi juga berguna untuk menghilangkan stres.

Nah, situasi pandemi COVID-19 bisa menjadi pemicu timbulnya stres atau kecemasan yang berlebihan, apalagi seiring mulai diberlakukannya PSBB Total pada 14 September 2020 besok. Lilin aromaterapi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi tingkat kecemasan tersebut. 
Lilin aromaterapi ini mengandung minyak esensial murni dan terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan setiap hari. Bahkan, banyak dari mereka yang terobsesi dengan lilin aromaterapi, lho. 

Seiring berjalannya waktu, lilin aromaterapi yang digunakan sebagai media terapi memiliki banyak jenis aroma. Tapi, selain digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan, apa lagi sih manfaat yang bisa kalian rasakan jika menggunakan lilin aromaterapi saat tidur? 

1. Meredakan kelelahan mental 
Sering kali usai menjalani berbagai aktivitas selama seharian menyebabkan kelelahan fisik maupun mental. Nah, dengan istirahat yang cukup di malam hari memang menjadi solusi tepat untuk meredakan efek kelelahan tersebut.

Supaya tidurnya menjadi lebih rileks, kalian bisa loh gunakan lilin aromaterapi yang mampu meredakan kelelahan mental setelah menjalani aktivitas seharian. Pilih aroma eucayptus, rosemary, dan peppermint untuk menenangkan pikiran dan tubuhmu, ya. 

2. Ciptakan suasana nyaman 
Menyalakan lilin aromaterapi, selain membuat ruangan menjadi wangi, juga dapat menciptakan suasana nyaman di dalam rumah. Kita dapat ciptakan aroma wangi yang nyaman dan damai dengan menggunakan lilin aromaterapi. Kamu bisa pilih aroma kayumanis, lavender, atau vanila ya untuk lebih menghidupkan aroma wangi khas di rumah. 

3. Tidur menjadi lebih rileks 
Kalian yang memiliki gangguan insomnia, bisa banget loh menggunakan lilin aromaterapi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Gangguan insomnia pun akan berkurang karena lilin aromaterapi juga bisa disebut sebagai obat alami. Agar lebih rileks, pilih aroma lavender, melati, dan chamomile, ya.

4. Meningkatkan konsentrasi dan mood 
Menghirup aromaterapi bisa mengubah mood seseorang loh, bahkan mampu memengaruhi aktivitas otak untuk meningkatkan konsentrasi. Tentu, tidak semua aroma bisa memberikan efek tersebut, coba deh pilih aroma citrus atau buah-buahan untuk menaikkan mood kalian. 

5. Melancarkan hidung tersumbat hingga sinusitis 
Jika kamu mempunyai masalah hidung yang tersumbat alias pilek, sinusitis, maupun alergi, kamu bisa gunakan lilin aromaterapi dengan aroma eucalyptus. Ini juga cocok untuk kalian yang membutuhkan energi lebih. 
Nah, sudah tahu kan manfaat lilin aromaterapi. Namun, kamu juga perlu waspada dengan tidak menggunakan lilin aromaterapi setiap hari. Sebab, ada peneliti di Inggris yang menyebutkan bahwa terlalu sering menghirup aroma yang keluar dari lilin aromaterapi dapat merusak kesehatan paru-paru. Pemerintah di sana pun telah meminta perusahaan yang memproduksi lilin aromaterapu untuk mengurangi emisi dari lilin tersebut karena adanya dampak negatif bagi kesehatan.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik