8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari Sejak Dini

          9 penyebab asam lambung naik.                klikdokter.com ©2020 Merdeka.com

Makanan penyebab asam lambung naik memang sebaiknya perlu dipahami agar tak terjadi kondisi tubuh yang tak diinginkan. Sebab, penderita maag akut ataupun gastroesophageal reflux disease (GERD) memiliki risiko berlebih melalui makanan yang dikonsumsinya.

Bukan hanya penderita maag dan GERD, siapa pun sebaiknya harus lebih bijak untuk memilih menu makanan yang akan menjadi santapan sehari-hari. Selain mempertimbangkan gizi yang terkandung di dalamnya, menghindari makanan penyebab asam lambung naik juga dapat membuat Anda terhindar dari risiko yang fatal.

Asam lambung yang naik pun sebenarnya dapat ditandai dengan beberapa gejala di antaranya yakni mulut terasa pahit hingga asam. Selain itu, muncul pula rasa nyeri di bagian ulu hati serta gejala lainnya yang cukup mengganggu aktivitas.

Maka dari itu, alangkah lebih baik untuk menghindari makanan penyebab asam lambung naik. Berikut 8 makanan yang patut Anda hindari untuk dikonsumsi secara berlebih, dikutip dari berbagai sumber.

Kafein

Melansir dari laman Halodoc, salah satu sumber makanan penyebab asam lambung naik adalah kafein. Baik makanan ataupun minuman yang mengandung senyawa kafein cenderung akan memberikan sensasi kuat pada tubuh, namun hal tersebut ternyata berdampak pula bagi sistem pencernaan.

Sebab, kafein pada secangkir kopi atau makanan yang menggunakan bahan baku kopi akan menyebabkan refluks. Maka dari itu, hindari untuk selalu mengonsumsi secangkir kopi setiap hari. Tips untuk Anda yang gemar minum secangkir kopi setiap hari, usahakan untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

Soda

Soda rupanya juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Sebab, gelembung karbonasi yang terdapat pada soda dapat mengembang di dalam perut.

                 ©Shutterstock/lenetstan

Sebagai akibatnya, hal ini akan mempengaruhi lambung untuk memproduksi asam berlebih untuk menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh. Saat itu, Anda dapat merasakan berbagai gejala yang ditampakkan oleh naiknya asam lambung seperti rasa panas hingga ke kerongkongan.

Cokelat

Makanan penyebab asam lambung naik yang berikutnya adalah cokelat. Tak banyak disadari, ternyata makanan manis yang banyak digemari orang ini juga dapat memicu naiknya asam lambung hingga membuat perut terkadang terasa melilit.

             ©www.afternoonrecipes.com

Hal ini tak lain disebabkan karena kandungan cokelat yang hampir sama dengan kopi. Keduanya sama-sama memiliki kandungan kafein dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, cokelat juga tergolong sebagai makanan tinggi lemak yang juga akan memicu refluks di dalam sistem pencernaan.

Makanan Tinggi Kolesterol

Masakan dengan kandungan tinggi lemak adalah salah satu makanan penyebab asam lambung naik. Sebab, makanan jenis ini diklaim dapat menunda pengosongan lambung hingga membuat asam lambung kembali ke kerongkongan.

                    ©©Shutterstock.com

Selain tak sehat bagi sistem pencernaan, makanan tinggi lemak dan kolesterol juga dinilai tak baik bagi kesehatan organ tubuh yang lain. Beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh antara lain stroke hingga serangan jantung.

Bawang dan Makanan Pedas

Makanan berbau dan memiliki cita rasa yang kuat juga cenderung dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Beberapa di antaranya yakni seperti bawang merah, barang putih, dan makanan pedas.

                 Shutterstock/Shebeko 

Meski banyak orang yang gemar dengan makanan yang bercita rasa kuat, namun nyatanya hal ini perlu dikurangi. Sebab, rasa pedas dan aroma yang kuat juga dapat meningkatkan gejala refluks asam hingga memicu perut mulas serta sensasi terbakar di bagian dada. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengurangi makanan yang pedas hingga berbau tajam.

Alkohol

Anggur, minuman keras, dan bir juga memiliki andil untuk meningkatkan asam lambung. Sebab, minuman yang mengandung alkohol tersebut sebenarnya tidak terlalu asam.

                Shutterstock/Cristi Lucaci 

Namun, minuman beralkohol dipercaya dapat melonggarkan katup bagian bawah kerongkongan yang mengarah ke refluks. Akibatnya, meningkatnya produksi asam lambung tidak dapat dihindari.

Ada baiknya bagi Anda untuk menjauhi minuman beralkohol bagi kesehatan tubuh. terlebih minuman alkohol yang telah dicampur dengan minuman asam seperti jus jeruk hingga penambahan soda.

Buah dengan Rasa Asam

Tak dapat dipungkiri, tubuh memang membutuhkan vitamin yang terkandung di dalam berbagai macam buah-buahan. Namun, buah-buahan tertentu diklaim justru dapat meningkatkan bahkan memperburuk gejala asam lambung.

                          ©Pixabay

Beberapa buah yang dapat memicu gejala tersebut yakni buah dengan rasa yang asam seperti jeruk, lemon, nanas, hingga tomat. Olahan dari buah-buahan asam tersebut juga sebaiknya dihindari untuk menurunkan risiko gejala refluks di dalam sistem pencernaan.

Peppermint

Dilansir dari Liputan6, peppermint ternyata juga merupakan salah satu makanan penyebab asam lambung naik. Meski peppermint dapat berfungsi sebagai penyegar napas, namun peppermint dapat menyebabkan sensasi panas di dada.

                        ©boldsky.com

Hal ini lantaran peppermint dapat membuat sfingter menjadi rileks sehingga membuat produksi asam lambung meningkat cukup drastis.

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik