3 Cara Ekonomi Indonesia Pulih dari Resesi


Keberhasilan pemulihan ekonomi nasional dari resesi sangat ditentukan peran pemerintah dan masyarakat. Ekonom Core Piter Abdullah mengungkapkan ada tiga cara agar ekonomi Indonesia bisa pulih dan selamat dari resesi.

"Pertama, pemerintah diharapkan mampu mengembalikan sebagian daya beli masyarakat bawah yang tergerus akibat pandemi melalui berbagai program bantuan social," ujar Piter saat dihubungi di Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Dia menambahkan pemerintah juga diharapkan mampu membangkitkan keinginan konsumsi masyarakat menengah atas yang selama pandemi lebih memilih menunda konsumsi.
"Hal ini antara lain bisa dilakukan pemerintah dengan memberikan insentif untuk konsumsi, misalnya dengan membebaskan PPN untuk beberapa produk seperti mobil baru," katanya

Kedua, lanjut dia, masyarakat diharapkan mau bangkit beradaptasi dengan kondisi yang serba sulit di tengah pandemi. Masyarakat dituntut tidak saja patuh dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan (agar kurva kasus covid-19 bisa melandai), tetapi juga tetap optimistis menjalani kehidupan mengadaptasi kebiasaan baru tanpa kekhawatiran berlebihan.

"Apabila Pemerintah mampu menahan penurunan konsumsi dan masyarakat mau bangkit beradaptasi di tengah pandemic, maka dunia usaha dengan sendirinya akan terselamatkan, bisa bertahan dan tidak mengalami kebangkrutan," katanya

Ketiga, restrukturisasi kredit. Di mana relaksasi yang diberikan lembaga keuangan akan memiliki ruang dan manfaat. Restrukturisasi kredit hanya bisa dilakukan ketika dunia usaha masih memiliki napas, masih bisa beroperasi walaupun dalam keterbatasan di tengah pandemi.

"Perpanjangan program restrukturisasi kredit yang sudah disanggupi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hanya akan efektif membantu dunia usaha apabila pemerintah dan masyarakat sudah memainkan perannya menjaga keberlangsungan konsumsi di tengah pandemi," ujarnya.


#GresikBaik
#infogresik
#Gusfik